Debu Jalan Resahkan Warga Dampala

Morowali, Akuratnews.com - Sejumlah warga desa Dampala Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali resah, akibat debu jalan negara alternatif yang digunakan para pengendara roda dua dan roda empat dari Bungku menuju ke Bahodopi.

Jalan tersebut dijadikan solusi bagi pemerintah, dalam mengatasi ambruknya jembatan Dampala, karena banjir bandang beberapa bulan lalu. Hanya saja, penggunaan jalan alternatif itu, tidak diimbangi dengan penyiraman jalan.

"Jalan ini kan belum diaspal, seharusnya ada upaya penyiraman agar tidak berdebu. Ini solusi bagi pengendara sudah didapat, tapi untuk warga yang dilintasi jalan justru menjadi biang masalah, khususnya dibidang kesehatan," kata Asparudin salah seorang warga Dampala, Jumat (08/11/2019).

Sementara itu, Kepala Desa Dampala, Hartono saat dikonfirmasi mengatakan, masyarakat Dampala bukan memalang untuk melarang atau menghalangi penggunaan jalan.

"Akan tetapi mengalihkan jalan, karena sudah resah dengan jalan yang melewati pemukiman warganya selama ini berdebu tanpa penyiraman," jelasnya.

Untuk penyiraman jalan, tambahnya, yang bantu kita selama ini hanya perusahaan tambang pasir di Desa Dampala. "Semoga dengan apa yang terjadi ini, penyiraman jalan dapat menjadi perhatian kita bersama," tandasnya.

Penulis: Wardi Bania
Editor:Redaksi

Baca Juga