Demonstrasi di Kota Malang Sampaikan Belasan Tuntutan

Malang, Akuratnews.com - Senin, (28/10/2019) massa berkumpul dijalan Rajabali, mereka melakukan aksi sebagai bentuk peringatan Sumpah pemuda yang jatuh tepat pada hari ini.

Dengan adanya aksi massa yang berorasi di tengah perempatan lampu merah membuat macet jalan namun tidak sampai membuat aparat menutup jalan.

Aksi turun jalan itu tidak hanya diikuti sekelompok mahasiswa saja itu melainkan beberapa Aliansi masyarakat yang menuntut penerbitan Perppu pencabutan UU KPK, tolak pembahasan RUU KUHP, RUU Pertanahan, penolakan revisi UU Ketenagakerjaan no 13 tahun 2013, hingga usut tuntas tindakan aparat penegak hukum terhadap massa dan yang lainnya.

Salah satu dari belasan tuntutan yang dianggap meresahkan adalah terkait revisi UU Ketenagakerjaan di mana hal itu dinilai tidak memberikan keberpihakan terhadap kaum buruh.

"Yang memberatkan terutama di aspek perubahan, yang kita anggap tidak manusiawi," kata Ali Amrin

Pria yang merupakan humas aksi juga mengharapkan ada tanggung jawab dari kepolisian dan meminta pemerintah mengusut tuntas kasus tersebut.

"Kita mengharapkan kepolisian harus mampu secara dewasa bertanggung jawab atas tindakan kriminalisasi hingga represif yang dilakukan pada teman kami. Bahkan beberapa mungkin masih ada yang ditangkap sampai hari ini. Kita mendesak pemerintah mengusut tuntas hal ini," tandasnya.

Penulis:

Baca Juga