Desa Perbatasan RI-Malaysia Belum Teraliri Listrik Jadi Fokus TMMD Nunukan

AKURATNEWS - Persoalan ketersediaan listrik masih menjadi masalah di tengah kemajuan zaman dan perkembangan teknologi saat ini. Seperti di Desa Binusan Dalam, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), warga di sana masih belum bisa menikmati penuh listrik PLN. Akhirnya mereka harus terbiasa dengan cahaya yang terbatas.

Hal ini pun menjadi fokus dari Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah Perbatasan ke 111 Tahun 2021 yang diselenggarakan Kodim 0911/Nunukan, di Desa Binusan Dalam, Senin (5/7/2021).

Ketua RT 11 Desa Binusan Dalam, Sappe mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan segala kesulitan warga di sini ke desa induk dan kecamatan, mulai dari kesulitan air bersih dan belum adanya listrik dari PLN.

"Kami harus membiasakan dengan cahaya terbatas pada malam hari, kesulitan air dan sulitnya membeli sembako," ucap Sappe.

Harusnya kata Sappe, Desa Binusan Dalam ini bisa berkembang selayaknya desa lainnya di Kabupaten Nunukan. Apalagi berada satu daratan dengan Pulau Nunukan.

"Terasa aneh sekali jika melihat wilayah ibu kota kabupaten yang jaraknya tidak jauh justru bisa terang benderang," tutupnya.

Dalam kegiatan TMMD ini, Kodim 0911/Nunukan tengah membangun yang terbagi menjadi dua sasaran yakni sasaran fisik dan sasaran non fisik. Untuk sasaran fisik yaitu, Pembukaan Badan Jalan 1.000 Meter x 6 Meter, pembangunan 4 buah plat duiker dengan ukuran 1,5 Meter x 6 Meter serta sasaran tambahan seperti pembuatan MCK 1 unit dan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 5 unit, serta pembuatan penampungan air bersih.

Untuk sasaran nonfisik meliputi Penyuluhan Wawasan Nusantara, Penyuluhan Bela Negara, Pelayanan Kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV /Aids), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Sosialisasi Covid 19, Penyuluhan perekrutan menjadi anggota TNI, Sosialisasi Stunting, Kegiatan Posyandu dan Posbindu PTM.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga