Di Coffee Morning, Bapas Jakarta Barat Undang Penegak Hukum Satukan Persepsi Penanganan ABH

AKURATNEWS - Balai Pemasyarakatan (Bapas) kelas I Jakarta Barat menggelar acara Coffee Morning dengan mengundang para penegak hukum yang ada di Jakarta Barat.

Bertempat di Bapas Kelas I Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (23/6), gelaran Coffee Morning kali ini diisi dialog mengenai upaya membangun komunikasi antar lembaga dan pimpinan serta memperbincangkan Penanganan Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH).

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI, Ketua PN Jakarta Barat, Kajari Jakarta Barat, Kapolres Jakarta Barat, serta Kepala LPKA Kelas II Jakarta.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham, Marselina Budiningsih mengungkapkan, perlu adanya solusi yang proaktif dalam Penanganan ABH.

"Secara aturan sudah bagus, meskipun masih menemukan beberapa kendala di lapangan," ujar Marselina.

Kajari Jakarta Barat, Dwi Agus Arfianto menambahkan, semangat restorative justice telah digaungkan di SPPA namun pelaksanaannya tidak semudah dalam tataran teknis.

"Untuk itu perlu diskusikan kembali implementasinya oleh seluruh Aparat Penegak Hukum melalui dialog santai seperti ini," ujar Dwi Agus.

Hal yang sama juga diungkapkan Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pasma Royce. Dikatakannya, masalah dan kendala yang ada dapat diungkapkan dalam forum santai seperti ini untuk dapat ditemukan peluang penyelesaiannya.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memperluas dan menyamakan persepsi melalui saran dan masukan yang masuk dalam diskusi sehingga dapat digunakan sebagai sarana untuk membangun Penanganan Anak yang Berhadapan dengan Hukum yang lebih baik dari sebelumnya," ujar Kombes Pasma Royce.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga