Di Depok, Puluhan Lansia dan Ribuan WBP Belum Divaksinasi Covid-19

Petugas kesehatan saat lakukan penyemprotan cairan disinfektan di dalam blok Rutan Cilodong Depok
Petugas kesehatan saat lakukan penyemprotan cairan disinfektan di dalam blok Rutan Cilodong Depok

AKURATNEWS.COM- Sekitar 60 lanjut usia atau lansia serta 1.600 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas I Cilodong, Depok Jawa Barat masih belum menerima vaksinasi Covid-19 dari pemerintah.

Padahal, vaksinasi Covid-19 untuk kalangan lanjut usia (lansia) di Depok telah dibuka sejak sekitar Maret 2021 lalu.

Kepala Pengamanan Rutan Kelas I Cilodong, Depok Numan Fauzi mengaku jika para lansia dan seluruh WBP masih belum memdapatkan vaksinasi Covid-19.

"Iya, sejauh ini memang msih belum ada vaksinasi Covid-19 bagi para WBP di sini (Rutan Cilodong)", ucap Fauzi, Kamis,(29/7).

Menurut Fauzi, data sementara jumlah lansia di Rutan Cilodong ada sekitar 60 orang dan untuk seluruh WBP ada sekitar 1.600 orang.

"Untuk lansia ada 60 orang yang sementara datanya sudah direkap ber KTP Depok begitu juga 500 WBP lainya", ujar Fauzi kepada Akuratnews.com.

Dari data tersebut, masih kata Fauzi, semua lansia masih belum mendapatkan program vaksinasi dan pihaknya mengaku tengah berupaya terutama para WBP lansia agar bisa segera tervaksinasi.

"Sudah kami upayakan kurang lebih sudah sejak satu bulan lalu. Surat permohonanya sudah kami sampaikan kepihak Dinas Kesehatan Depok", kata Fauzi di Rutan Cilodong.

Dia memaparkan, pihaknya juga mengaku siap mengadakan tenaga medis jika nantinya hanya mendapat dosis vaksin Covid-19 saja dan pelaksanaanya vaksinasi bisa dilakukan di dalam Rutan.

"Kalau untyk tenaga medisnya nanti kami bisa upayakan. Yang penting bisa dapat dosis vaksinasi Covid-19 untuk para lansia dan WBP lain di sini (Rutan Cilodong)", jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Depok Novarita mengatakan syarat untuk para penerima vaksinasi Covid-19 adalah lulus skrining. "Syaratnya jika lulus skrining akan dapat vaksin", singkatnya.

Novarita menjelaskan, untuk lansia, dosis 1 laju vaksinasinya 23,26 persen, dosis 2 (sebesar) 18,32 persen. Total sasarannya untuk lansia 142.746 orang.

"Kalau dibandingkan dengan jumlah sasaran lansia, laju vaksinasinya memang masih rendah," kata Novarita.

Diketahui, sejauh ini para WBP di Rutan Cilodong Depok juga masih belum dilakukan swab tes Covid-19. Sedang, sejauh ini Pemerintah Kota Depok telah melakukan vaksinasi Covid-19 bagi kalangan lansia (60 tahun ke atas) sejak Maret 2021.

Namun, empat bulan berjalan, progres vaksinasi Covid-19 bagi lansia di wilayah itu masih berlangsung lambat.

Sementara itu jumlah vaksin Covid-19 yang ada belum mencakup seluruh jumlah lansia di Depok yang menurut data BPS, berjumlah sekitar 240.000-250.000 jiwa.

Penulis:

Baca Juga