Di Duga Asal Jadi, Proyek Saluran Irigasi di Desa Malintang Julu Layak di Usut

Madina, Akuratnews.com - Warga Desa Malintang Julu, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal khawatir pelaksanaan proyek rehabilitasi saluran irigasi yang dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal di duga di kerjakan asal jadi membuat masyarakat setempat kecewa, dan meminta secepatnya pihak terkait untuk segera mengusutnya.

Seperti yang di ungkapkan salah satu warga setempat yang sangat menyesalkan proyek tersebut karena tidak sesuai dengan yang di harapkan. Ini terjadi akibat di kerjakan tidak sesuai dengan spesifikasi atau bestek sehingga kualitas kerja sangat minim, mereka menduga sebagian fisik bangunan tidak berpondasi serta kualitasnya rendah.

"Saluran air tersebut sangat dibutuhkan warga untuk kebutuhan air mengaliri persawahan untuk jangka panjang, tapi kami menduga sebagian bangunan tanpa pondasi sehingga tidak akan bertahan lama, apalagi ketika terjadi hujan lebat," kata seorang warga Desa malintang julu Ihwan, (50) kepada Akuratnews. com Minggu (7/5 2017).

Warga pun menanyakan sumber anggaran untuk proyek tersebut, "Proyek rehabilitasi saluran irigasi tersebut dana Anggarannya tidak jelas, dari Mana anggaran, berapa pagu anggaran dan perusahan yang mengerjakan. Seolah olah anggaran di tutup tutupi kontraktor bekerja sama oleh dinas." ujar Ihwan.

Ihwan mengaku sudah melaporkan hal tersebut kepada Dinas Pertanian, namun sampai saat ini belum ada tanggapan dari dinas terkait.

"Kita sudah laporkan minggu yang lalu pada Dinas Pertanian, sebenarnya kami ragu ketahanan bangunan itu, sebab saya lihat pondasinya kurang dan kualitasnya diragukan termasuk campuran semen dan pasir yang tidak sesuai," ucapnya.

"Kami minta Dinas Pertanian sebagai penanggungjawab proyek ini, untuk turun langsung mengecek kondisi di lapangan, termasuk membongkar bangunan yang tidak sesuai apalagi yang tidak memakai pondasi" pungkas Ihwan. (M. Effendi)

Penulis:

Baca Juga