Di ‘Karo Memanggil Kita Hadir’, MSP Gagas Ini Bagi Musisi dan Seniman Asal Karo

Jakarta, Akuratnews.com - Efek pandemi Covid-19 ini berdampak masif dan dahsyat di sisi pelaku seni dan hiburan. Di sejumlah daerah, musisi dan pelaku seni mengaku sudah sangat kewalahan menghadapi efek pandemi ini.

Tak terkecuali para musisi dan pekerja seni asal Karo, Sumatera Utara. Pandemi yang membuat mereka tak punya lagi pekerjaan hingga harus banting stir, jualan online salah satunya.

Hal inilah yang mendasari pengacara Minola Sebayang menggagas acara 'Karo Memanggil Kita Hadir' sebagai upaya membantu eksistensi pekerja seni dan musisi asal Karo.

"Ini merupakan kali pertama kita membuat acara 'Karo Memanggil, Kita Hadir'. Ini acara bagi seniman dan musisi asal Karo yang terhambat eksistensinya karena adanya pandemi Covid-19 ini," ujar Minola di sela-sela acara yang ditayangkan secara streaming di channel YouTube Toba Dream, Jumat (25/9).

Dikatakannya, para seniman dan musisi Karo butuh wadah mengekspresikan diri mereka, termasuk dalam mencari nafkah.

"Malam ini kami dari Minola Sebayang Project (MSP) menampilkan empat penyanyi yakni Maharani br Tarigan, Mey Permata br Tarigan, Rainson Surbakti dan Trisna Key tampil di acara ini," jelas Minola.

Keempat musisi ini pun bercerita soal bagaimana mereka selama ini tak lagi bisa menggantungkan hidup dari dunia tarik suara yang selama ini digelutinya.

'Yang tadinya kita punya kegiatan, seminggu bisa dua kali, sekarang sudah tidak ada. Tayangan streaming di internet pun mulai berkurang lantaran penontonnya pada bosan. Mereka sebenarnya pengen ketemu, liat langsung kita nyanyi," ungkap Maharani.

Hal ini juga diamini Mey. Antusias penonton melihat tayangan streaming sudah berkurang. Sedangkan Rainson dan Trisna mengungkapkan, kondisi seniman dan musisi Karo mayoritas berkurang semua pendapatannya.

"Miris melihat seniman dan musisi Karo. Yang biasa kerja, sekarang di rumah saja. Penghasilan kita dari berdagang online," papar Trisna.

Kembali kepada Minola, lewat acara ini, nantinya juga akan menyentuh sejumlah musisi dan seniman Karo lainnya, termasuk seniman dan musisi senior.

"Kita tadi kan dengar, Vicky Sianipar siap menyediakan tempat buat acara ini tiap dua atau tiga minggu sekali," ucap pengacara yang kerap menangani sejumlah kasus selebritis ini.

"Selain memang saya punya kepedulian terhadap musisi Karo sejak 1990, saya juga tidak mengingkari memiliki kedekatan pada selebritis. Jadi kenapa tidak jaringan saya ini saya bagi pada mereka," imbuhnya.

Keempat penyanyi yang tergabung dalam MSP ini, lanjut Minola, juga telah dipersiapkan untuk masuk ke kancah musik nasional.

Maharani br Tarigan sendiri telah memiliki single bertajuk 'Cinta' ciptaan Richard Kyoto. Lalu Mey Permata br Tarigan dengan single 'Jatuh Cinta' ciptaan Rieka Roslan. Kemudian Rainson Surbakti dengan single 'Aku dan Kamu' ciptaan Rieka Roslan dan Trisna Key dengan single 'Tak Harus Bersama' ciptaan Rieka Roslan.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga