Di Masa Pandemi, Pemerintah Diminta ‘Tiru’ Koes Plus

Jakarta, Akuratnews.com - Masa pandemi Corona (Covid-19) belum jelas kapan berakhir. Pemerintah pun diminta 'meniru' grup musik legenda tanah air, Koes Plus.

"Yang dibutuhkan (masyarakat) adalah bagaiman pemerintah membuat hati senang walau tak punya uang," ujar Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo di sela-sela silaturahmi dan penyerahan donasi di Posko 'Peduli Jurnalis', Jakarta, Sabtu (16/5).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini mengatakan, salah satu upaya melawan virus Corona adalah dengan memiliki imunitas tubuh yang bagus.

"Dan imunitas tubuh yang bagus salah satunya datang saat pikiran senang, hati kita senang, belajar sama (lagu) Koes Plus lah," seloroh Bamsoet.

Bukan tanpa alasan dirinya menyatakan hal tersebut. DPR dikatakannya sudah menyetujui anggaran senilai Rp405 triliun, yang sebagiannya untuk penanggulangan masalah kesehatan akibat pandemi Corona dan untuk stimulus ekonomi.

Ia juga menyangkan keputusan pemerintah yang menaikkan iuran BPJS Kesehatan di tengah masa pandemi Corona ini.

"Kita memahami negara tengah memiliki beban berat, tapi kan ada dana yang kita siapkan untuk membantu, kenapa BPJS tidak masuk dalam kategori yang harus dibantu. Waktunya (kenaikan iuran) kurang tepat, mungkin 3-6 bulan ke depan. Sekarang ini di cover saja dari dana itu," tandas Bamsoet.

Ditambahkannya, walau kenaikan iuran BPJS masih bulan depan, tetapi isu politiknya sudah mulai panas dari sekarang dan hal itu menambah keresahan rakyat di tengah masa pandemi Corona ini.

Sedangkan Wakil Ketua MPR, Fadel Muhammad menyoroti naiknya angka orang miskin baru imbas dari pandemi Corona ini.

"Jumlah orang miskin saat ini naik menjadi 40 juta, atau sekitar 30 persen. Pemerintah harus segera lakukan penangan tersendiri dan memberikan stimulus. Kalau tidak, akan repot ke depannya," ujar Fadel.

Dalam kesempatan ini, Bambang atas nama MPR memberikan bantuan paket sembako kepada para jurnalis yang akan disalurkan lewat Gerakan 'Peduli Jurnalis'. Bantuan yang dikoordinir gerakan ini sendiri telah masuk tahap ketiga dan dalam minggu depan akan masuk ke tahap keempat.

Bantuan berupa ratusan paket sembako, dua ratus dus mie instant, dua ratus ekor ayam beku, satu dus vitamin dan dua dus hand sanitizer ini diberikan melalui Gerakan 'Peduli Jurnalis' yang diterima langsung oleh Ketuanya, Andy Arief.

Kedatangan Bamsoet dan Fadel Muhammad ini ke posko Gerakan 'Peduli Jurnalis' yang diiniasi sejumlah wartawan ini merupakan tindak lanjut masukan dari wartawan terdampak pandemi Corona dan Komunitas Sahabat Kartini yang dipimpin Rani Anggraini Safitri dimana Hana Hasanah, istri Fadel Muhammad juga merupakan pengurus Komunitas Sahabat Kartini.

Bantuan dari Bamsoet ini menggenapi bantuan yang datang dari berbagai kalangan, baik perorangan maupun perusahaan. Tercatat, untuk pembagian paket sembako di tahap keempat ini, Fariz RM Manajemen, Sahabat Kartini dan Yayasan Bahiira, Stun Ic PR, Wali Care, PT Sasa Inti, Okky Jelly Drink, Sedekah Wakaf Air dan sejumlah donatur lainnya

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga