Di Masa Pandemi, Prodi Perhotelan Terus Siapkan SDM Sektor Pariwisata

Yogyakarta, Akuratnews.com - Tahun ajaran baru di depan mata, aura perburuan tempat studi pun makin kuat. Dan memilih tempat untuk melanjutkan studi dan prodi yang akan ditempuh bukanlah hal mudah.

“Tak jarang kita temui mahasiswa yang merasa salah pilih program studi yang pada akhirnya berdampak pada kegagalan studi, pemborosan waktu, tenaga, dan biaya, serta kesuksesan yang tertunda,” ujar dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI, Dr Ani Wijayanti di Yogyakarta, Rabu (14/4).

Ani mengatakan, kesulitan memilih perguruan tinggi dan program studi semakin terasa sulit di masa pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Pada masa pandemi ini, di mana terjadi kesulitan perekonomian, tentunya sangat mempengaruhi dalam pemilihan program studi.

“Tujuan utama dari menempuh pendidikan adalah meningkatkan taraf hidup, sehingga program studi yang mampu menghantarkan ke jenjang karir yang gemilang nampaknya menjadi pilihan utama,” pungkasnya.

Pada masa sulit seperti ini, program studi yang mampu menghasilkan ouput siap kerja dan bisa ditempuh sambil bekerja menjadi solusi yang tepat bagi banyak calon mahasiswa.

“Program studi bidang pariwisata, seperti perhotelan merupakan salah satu program studi yang menjanjikan, karena selain tingkat keterserapan yang tinggi pada industri pariwisata juga sangat memungkinkan untuk ditempuh sambil bekerja,” ujarnya.

Program studi Perhotelan Universitas BSI kampus Yogyakarta telah melakukan tracer study dari para alumninya. Data tersebut menunjukkan demand akan sumber daya manusia bidang pariwisata yang sangat tinggi.

“Meskipun di masa pandemi ini pariwisata merupakan bisnis yang paling terpuruk, namun bisnis pariwisata disinyalir paling cepat bangkit dibandingkan bisnis lainnya dan kebutuhan SDM bidang pariwisata yang handal menjadi prioritas ke depan. Seperti kita ketahui usaha bidang pariwisata tidak akan pernah habis, bahkan potensi-potensi baru terus bermunculan sebagai lapangan pekerjaan yang strategis,” tandasnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga