Di Peluncuran ‘Out of Order’, Meita Kasim Bongkar Dark Side Era 90an

AKURATNEWS - Ada yang menarik saat Meita Kasim, eks penyiar radio yang kini menekuni profesi Disc Jockey (DJ) paruh waktu meluncurkan novel perdananya bertajuk 'Out of Order', Kamis (6/1).

"Mungkin para milenial saat ini berpikir asyik banget era 90an. Padahal era 90an itu ada dark side-nya," ujar Meita.

Salah satu dark side era 90an itu, kata Meita adalah terkait maraknya penggunaan drugs alias obat-obatan terlarang oleh anak-anak muda saat itu.

"Tapi untungnya gue dilindungi oleh temen-temen agar nggak ikut-ikutan pake. Gue cuma sebatas smoke (rokok), chainsmoker lah," seloroh Meita.

Sebagai buku pertama dari serial bertajuk 'The Tales of the Urban Misfits', novel fiksi setebal 300-an halaman ini ditulis dalam genre coming-of-age atau peralihan masa remaja menuju dewasa.

Novel yang terinspirasi kisah nyata Meita Kasim sendiri, ditulis dalam bahasa Inggris dengan menghadirkan kisah protagonist bernama Sigi, seorang gadis usia akhir remaja yang hidup di Jakarta era 1990-an dengan latar belakang kondisi sosial politik di Indonesia yang saat itu masih dalam kuasa militer yang dominan.

Saat masih menjadi siswa sekolah menengah, diam-diam Sigi membentuk grup band alternatif bernama Wanderlust dengan beranggotakan semuanya perempuan yang saat itu sangat tidak lazim di kancah musik underground dan menjadi penyiar di sebuah stasiun radio.

Dalam kodratnya sebagai gadis muslim, hasrat kreatifnya ini membangkitkan penilaian negatif dari lingkungan serta sekaligus mengalami tindak pelecehan karena keperempuanannya.

Dibayang-bayangi sosok ibunya yang sangat mengendalikan, Sigi lantas mendambakan dirinya menjadi jiwa yang bebas. Sementara itu ekskalasi kancah musik bawah tanah yang didominasi oleh laki-laki, serta kontroversi dari dalam dirinya sendiri tengah meningkat kontroversinya.

Terlepas dari semua rintangan tersebut, Sigi dengan berani mengikuti jalannya sendiri dan menentang semua konstruksi waktunya untuk menemukan suaranya yang benar dan unik; pilihan yang seringkali menyakitkan, menginspirasi dan pada akhirnya, penuh harapan.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga