SEA Games 2019 Filipina

Di Posisi Ketiga, Indonesia Baru Koleksi Enam Emas

Manila, Akuratnews.com - Usai dibuka pada Sabtu (30/11), kontingen Indonesia hingga Selasa (2/12) siang berada di peringkat ketiga perolehan medali SEA Games 2019 Filipina.

Indonesia sejauh ini baru berhasil meraih enam medali emas, delapan medali perak dan tujuh medali perunggu. Total medali yang berhasil diraih sebanyak 21.

Sementara, puncak klasemen masih ditempati tuan rumah Filipina dengan raihan 28 emas, 17 perak dan 9 perunggu. Sedangkan di peringkat kedua ditempati Vietnam dengan 10 emas, 17 perak dan 13 perunggu.

Indonesia hari ini mendapatkan tambahan dua medali emas dari cabang olahraga (cabor) menembak.

Dua medali emas dari cabor menembak dipersembahkan Rio Danu Utama Thabu dan Tirano Bajo pada perlombaan yang digelar di Philippine Marine Shooting Range Total, Manila, Senin (2/12).

Rio Danu Utama meraih medali emas di nomor men PPC WA 1.500, sedangkan Tirano Bajo menjuarai nomor benchrest light vermint.

Selain dua medali emas itu, cabor menembak juga menyumbangkan dua medali perak yang masing-masing diraih oleh Fathur Gustafian dan Safrin Sihombing.

Safrin Sihombing meraih medali perak di nomor men PPC WA 1.500. Sementara itu, Fathur Gustafian menyabet medali perak di nomor air rifle man.

Bukan hanya itu, Indonesia juga mendapatkan sekeping medali perunggu dari cabor menembak melalui keberhasilan Wajyu Aji Putra di nomor benchrest Light Vermint. Dengan demikian, total ada lima medali yang diraih Indonesia dari cabor menembak.

Keberhasilan ini cukup mengejutkan, mengingat Indonesia sempat seret dalam mendulang medali pada hari pertama SEA Games, Minggu (1/12) kemarin.

Masih ada beberapa atlet menembak Indonesia yang belum berlaga di SEA Games 2019. Salah satunya adalah Vidya Rafika yang telah dinyatakan lolos ke Olimpiade 2020. Vidya diharapkan dapat menyumbangkan emas dari nomor 10M RF women.

Sedangkan emas keenam dipersembahkan atlet angkat besi, Eko Yuli Irawan. Eko meraih medali emas SEA Games 2019 dari cabor angkat besi nomor 61 kg putra.

Bertanding di RMSC Ninoy Aquino Stadium, Senin (2/12), Eko Yuli mencatatkan total angkatan 309 kg dengan rincian snatch 140 kg dan clean and jerk 169 kg. Ia mengungguli raihan Thach Kim Tuan (Vietnam) dan Bidin Muhammad (Malaysia).

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga