Pemilu 2019

Di Suriah Prabowo-Sandi Meraup 63% Suara

Jakarta, Akuratnews.com - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah melaporkan penghitungan suara dari berbagai belahan dunia.

PPLN Damaskus, Suriah, menyampaikan bahwa pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memenangkan perolehan suara pemilu di Suriah. Pemungutan suara di Suriah telah dilakukan pada Sabtu (13/4).

Pasangan Prabowo-Sandi unggul dengan total perolehan suara sebanyak 83 suara, sementara pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 48 suara. Prabowo-Sandi meraup 63%, sedangkan Jokowi-Amin 37%.

Kendati demikian, di belahan dunia yang lain, Jokowi-Ma'ruf Amin justru mayoritas unggul. Di Benua Eropa, rerata Jokowi-Amin berhasil mengalahkan Prabowo Sandi.

Dari jumlah 552 total suara yang diterima PPLN Kopenhagen, baik suara pemilih langsung di TPS maupun pos, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin meraih 440 suara atau 79,7%. Sedangkan pasangan Prabowo-Sandi memperoleh 76 suara atau 13,7%. Sisanya terdapat 6,5% suara yang tidak sah.

Penghitungan surat suara untuk calon presiden dan wakil presiden di perwakilan Pemerintah RI di Kopenhagen digelar secara terbuka untuk masyarakat umum yang berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Dubes RI untuk Denmark merangkap Lithuania, M. Ibnu Said, mengatakan penghitungan suara dilakukan Rabu, (17/4) mulai pukul 08.30 pagi.

“Proses penghitungan suara berlangsung dengan lancar dan tertib, masyarakat yang hadir juga mengikuti dengan antusias,” ujar Dubes M. Ibnu Said, yang hadir sepanjang proses penghitungan.

Pemungutan suara di Denmark dan Lithuania dilakukan dengan dua metode pilihan, yaitu mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) yang dilakukan di KBRI Kopenhagen dan pengiriman surat suara melalui pos. Sedangkan metode kotak suara keliling (KSK) tidak dilakukan karena sudah tercover dengan dua metode lainnya.

Dengan total partisipan 552, pemungutan suara di TPS Kopenhagen menghasilkan tingkat partisipasi 77%. Jumlah Daftar Pemilih Tetap di PPLN Kopenhagen sebanyak 720 dan Daftar Pemilih Tambahan sebanyak 63.

Masih di Eropa, tepatnya di Vatikan, paslon nomor urut 01 Jokowi-Amin memperoleh 1.171 suara atau 99% dari suara sah. Sedangkan, Prabowo-Sandi memperoleh 12 suara dan suara tidak sah sebanyak 45.

Terpisah, Jokowi-Ma'ruf Amin keluar sebagai pemenang Pilpres 2019 di Belgia dan Luksemburg. Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengan perolehan 807 suara (82%), mengalahkan Probowo-Sandi dengan perolehan suara 175 (18%).

Dari sekitar 1.755 orang pemilih yang terdaftar, sekitar 1.025 atau hampir 60% menggunakan hak suaranya pada pemilu kali ini. 603 orang pemilih hadir di TPS di Belgia dan Kotak Suara Keliling di Luksemburg, sedangkan sekitar 480 orang menyalurkan hak pilihnya melalui pos.

Penulis:

Baca Juga