Pandemi Covid-19, Damkar Butuh Banyak Relawan Kemanusian

Depok, Akuratnews.com- Di tengah pandemi Covid-19 Dinas Kebakaran (Damkar) dan Penanggulangan Bencana Kota Depok membutuhkan banyak relawan kemanusiaan.

"Kita menerima semua relawan yang mau lakukan tugas kemanusiaan," kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Damkar Depok, Denny Romulo Hutauruk, Kamis,(22/10/2020).

Dikatakan Denny, karena keterbatasan personil jadi bersama-sama berkolaborasi dalam penanggulangan bencana Covid-19 di Kota Depok.

Kaitan itu, sebanyak 25 orang relawan yang dimiliki Damkar kini tengah ditempa  dengan sejumlah pelatihan terkait penanganan Covid-19.

"25 orang relawan tengah dilatih untuk membantu dalam sosialisasi protokol kesehatan melakukan giat penyemprotan disinfektan dan melakukan pemulasaran jenazah covid-19," kata Denny.

Dia menambahkan, dalam pelatihan itu ada empat materi terdiri dari peningkatan mental rasa percaya diri dalam pelayanan kepada masyarakat, sosialisasi standar operasional prosedur disinfeksi.

Berikutnya pelatihan pengenalan alat-alat disinfeksi, praktek disinfektan pada gedung satu lantai dan dua lantai.

"Dari 25 orang relawan yang ikut pelatihan berasal dari Retana, Laskar Merah Putih, Gerakan Hidup Sehat, Lembaga Anti Narkoba, Aksi Cepat Tanggap MRI Kota Depok, Sintas dan Lasmura," pukas Denny.

Untuk diketahui, dalam pelatihan di tengah pandemi Covid-19 itu dilibatkan 11 anggota personil tim reaksi cepat Damkar Markas Komando dengan dilengkapi dua unit alat peraga pengukung yakni, mesin fogger Covid-19.

Penulis:

Baca Juga