Di TPU Pasir Putih Depok, Tanah Makam Korban Covid-19 Ambles

Fenomena tanah makam pasien korban Covid-19 di TPU Pasir Pitih, Sawangan Depok
Fenomena tanah makam pasien korban Covid-19 di TPU Pasir Pitih, Sawangan Depok

AKURATNEWS.COM- Tanah makam pasien korban Covid-19 diketahui ambles. Fenomena itu terjadi dibeberapa makam yang berada di Pemakaman Umum (TPU) Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

Amblesnya sejumlah tanah makam itu, sejauh ini ditengarai akibat diguyur hujan serta tidak padatnya timbunan tanah makam atau karena penyebab lain.

"Amblesnya sejumlah makam pasien Covid-19 ini akibat hujan deras beberapa hari lalu", kata seorang petugas TPU Pasir Putih, Dede, Kamis,(22/7).

Dia menduga, tanah makam sebelumnya kurang padat sehingga amblas begitu diterpa hujan, atau karena ada penyebab lainnya.

"Bisa juga karena petinya jebol, jadi tanah masuk ke dalam peti dan makamnya amblas," katanya.

Sebagian tanah makam yang ambles tersebut sudah dilakukan perbaikan dengan cara makam kembali ditimbun dengan tanah.

Kondisi tanah makam yang ambles sejak beberapa hari lalu itu sudah mulai kembali dilakukan perbaikan secara bertahab.

"Amblesnya baru terjadi beberapa hari lalu. Beberapa makam diantaranya sudah mulai kembali diperbaiki dan prosesnya dilakukan secara bertahab", jelas Dede.

Untuk diketahui, TPU Pasir Putih Sawangan Depok merupakan lahan yang baru digunakan sebagai pemakaman jenazah Covid-19 dan untuk umum pada awal bulan Juli 2021.

Sejak dibuka pada awal bulan, TPU dengan luas area delapan hektar itu telah terisi 650 makam baik jenazah pasien Covid-19 maupun non-Covid-19.

Lahan makam yang awalnya merupakan lahan milik warga yang telah dibebaskan pemerintah Depok tersebut diklaim mampu menampung ribuan hingga puluhan ribu jenazah.

Penulis:

Baca Juga