Dibangun PJU Tematik, Sidoarjo Lebih Bercahaya

Tapal batas di Jalan Raya Waru, Sidoarjo yang kini terlihat bercahaya. 
Tapal batas di Jalan Raya Waru, Sidoarjo yang kini terlihat bercahaya. 

AKURATNEWS - Kini, para pengguna jalan yang melintasi Jalan Raya Waru, Kabupaten Sidoarjo pada malam hari, serasa mata mereka dimanjakan dengan pemandangan yang berbeda, lebih bercahaya dan mengundang decak kagum.

Pasalnya, di sepanjang median jalan ini mulai dari tapal batas bertuliskan 'Go Sidoarjo' ke selatan hingga jalan layang Waru telah dibangun penerangan jalan umum (PJU) tematik, atau dikenal dengan istilah 'artistic lighting'.

Yakni, lampu led warna-warni (hijau, merah, kuning, pink dan orange) yang menyala silih berganti. Cahaya lampu ini diarahkan menyorot tumbuhan, termasuk bunga, daun, ranting, dahan dan batang pohon yang ditanam di taman median jalan tersebut.

Lalu, tiang PJU di tepi jalan layang dipasang lampu led serupa, diselimuti ornamen kotak berbentuk persegi dengan corak lambang Sidoarjo, udang dan bandeng. Sehingga, terlihat sangat menarik dan mempesona.

Sebagaimana penuturan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo, Bahrul Amig melalui Kepala Bidang Pertamanan dan PJU, Edy Sutiono pada AKURATNEWS.COM, Kamis (23/12/2021), pembangunan PJU tematik itu direncanakan pihaknya dengan menggunakan dana P-APBD 2021.

"PJU tematik itu dikerjakan rekanan pemenang tender yang digelar awal September, direalisasikan pertengahan Oktober dan tuntas akhir Desember ini," jelasnya tersenyum.***

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga