Diblacklist, CV CGS Justru Leluasa Teken Kontrak

Foto: Dokumen CV CGS Sidoarjo diblacklist yang ditayangkan di LPSE Surabaya.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Padahal, CV Citra Garden Sentosa (CGS) Sidoarjo diblacklist (masuk daftar hitam), karena melanggar kontrak dan tidak menyelesaikan pekerjaan di Diskominfo Surabaya. Ironisnya, CV CGS ini justru terkesan leluasa teken kontrak dan merealisasikan pekerjaan konstruksi di Dinas PerkimCKTR Sidoarjo. Lo kok bisa?

Menurut informasi yang berhasil dihimpun Akuratnews.com, ketika CV CGS mengikuti tender pembangunan jamban sehat di kawasan Krembung (Satker Dinas PerkimCKTR Sidoarjo) senilai Rp800-an juta (pagu) dan Rp700-an juta (HPS) hingga ditetapkan sebagai pemenang dengan penawaran Rp500-an juta, rekanan ini belum diblacklist. Namun, saat penandatanganan kontrak proyek Dinas PerkimCKTR itu (15 - 31/11/2019), rupanya CV CGS terkena sanksi Diskominfo Surabaya, masuk daftar hitam (23/11/2019 - 23/11/2019) dan tayang di LPSE Surabaya pada 26 November 2019.

Apabila ditelisik, lolosnya CV CGS itu terbilang janggal dan patut dipertanyakan. Karena, rekanan yang masuk daftar hitam, sebelumnya telah menerima pemberitahuan dari instansi terkait. Juga, bila rekanan (daftar hitam) ini, sebelum teken kontrak, bisa mengundurkan diri dan diganti pemenang cadangan. Serta, rekanan (daftar hitam) dianggap mundur menjadi pemenang, bila tidak menyerahkan jaminan pelaksanaan.

Ketika Akuratnews.com akan mengkonfirmasi permasalahan lolosnya CV CGS itu, Kabid Perkim Dinas PerkimCKTR Sidoarjo, Sulaiman selaku PPK proyek pembangunan jamban sehat, enggan mengangkat telepon selulernya. Begitu pula, pihak CV CGS pun bersikap serupa.

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga