Dibubarkan, FPI Ganti Nama Hingga Gugat ke PTUN

Jakarta, Akuratnews.com - Resmi dibubarkan lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) hari ini, Front Pembela Islam (FPI) melalui Ketua Tim Badan Hukum FPI, Sugito Atmo akan mengugat putusan pemerintah ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Tidak masalah. nanti kita gugat secara hukum karena ini sudah proses hukum, kita akan mem-PTUN-kan terhadap keputusan tersebut,” ujar Sugito di Petamburan,Jakarta Pusat, Rabu (30/12).

Dijelaskannya, Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab (HRS) sudah meminta kuasa hukum FPI untuk mempersiapkan proses gugatan ke PTUN.

“Kita mau ketemu dengan tim hukum untuk mempersiapkan proses gugatan PTUN. Secepatnya akan kita layangkan,” tegasnya.

Sugito juga menyebut, soal kemungkinan mengganti nama seperti yang ramai di media sosial juga akan didiskusikan antar pengurus FPI.

"Nanti kami diskusikan," kata Sugito.

Sementara itu, pasca keputusan pembubaran FPI turun, polisi mendatangi Sekretariat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) FPI di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat sekitar pukul 16.00 WIB. Tak hanya polisi, terlihat pasukan TNI ikut berjaga. Polisi meminta warga menurunkan baliho HRS yang terletak di depan Gang Petamburan III.

Polisi juga mengamankan tujuh pemuda dan langsung membawa mereka ke Mapolda Metro Jaya. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan, tujuh pemuda itu hanya akan diperiksa terkait identitas.

"Pemuda hanya kami tanya identitasnya, apakah orang Petamburan atau bukan. Kami baru bertanya saja, hanya kami amankan hanya untuk kami tanyakan saja," kata Heru.

Heru juga memastikan pihaknya tidak melakukan penangkapan atau penahanan terhadap tujuh pemuda tersebut.

"Tidak ada istilahnya penangkapan, tidak ada. Kami data saja, ada sekitar tujuh orang tadi kalau tidak salah, dibawa ke Polda untuk kami tanyakan, kami periksa," ujar Heru.

Heru menegaskan bahwa pihaknya akan selalu mengawasi area Petamburan guna memastikan tidak ada lagi kegiatan atau aktivitas yang digelar FPI.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD dalam jumpa pers yang didampingi sejumlah menteri dan kepala lembaga menyatakan membubarkan FPI lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) 6 Menteri.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga