Peristiwa

Diduga Akibat Cuaca Buruk, Tongkang Muatan Ore Nikel Tenggelam

Morowali, Akuratnews.com - Salah satu tongkang bermuatan ore nikel mengalami kebocoran akibat cuaca buruk disekitar perairan desa Bete-Bete Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali dengan titik koordinat 02° 49'.774" S 122° 16'.288" E . Tongkang yang bermuatan Ore Nikel 10.613.793 MT diketahui ditarik Tug Boat TK Marina 14, terlihat kandas diatas karang.

Menurut informasi yang dihimpun media ini, kecelakaan laut tersebut akibat cuaca buruk (angin kencang dan ombak yang besar), membuat tongkang yang berangkat dari Kabaena Jety Tonia Mitra Sejahtera Sulawesi Tenggara menuju PT. IMIP di Morowali kandas di Laut Banda lebih tepatnya memasuki perairan Bete Bete Morowali Sulawesi Tengah dan Tongkang BG Napoleon 002 bermuatan Ore Nikel 10.613.793 MT kandas di bagian kanan tongkang dan terduduk manis di karang diwilayah perairan tersebut.

"Kalau dilihat kemungkinannya kelebihan muatan akan tetapi akhir-akhir ini memang cuaca buru, seharusnya itu sudah diperhitungkan dan diantasipasi dengan mengurangi muatan dari biasanya," ungkap salah seorang warga Morowali mengaku sempat melihat kondisi tongkang BG 11 Napoleon 002 di perairan Bete-Bete Bahodopi.

Akibat yang ditimbulkan dengan tenggelamnya tongkang BG 11 Napoleon 002 tersebut, menimbulkan pencemaran lingkungan. Pasalnya, tongkang yang kandas mengalami kerusakan yang parah dan muatan berupa ore nikel sebanyak 10.613.793 MT mencemari laut diperairan Bete-Bete.

"Pencemaran lingkungan tidak bisa dihindarkan dan pelaku diduga melakukan tindak pidana pencemaran lingkungan dengan melanggar Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup," terang sumber yang tidak bersedia namanya di mediakan.

Penulis: Wardi Bania

Baca Juga