Diduga Mark Up, LSM PERAK Resmi Laporkan 93 Kades di Wajo

Wajo, Akuratnews.com - Lembaga Swadaya Masyarakat Pembela Rakyat (LSM PERAK) Sulawesi Selatan melaporkan 93 Kepala Desa (Kades), dan 81 item kegiatan proyek yang didanai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Wajo ke Polres Wajo.

Dalam laporannya, LSM PERAK Sulsel menduga adanya mark up, dan pekerjaan tidak sesuai spesifikasi.

Ketua LSM PERAK Sulsel, Adiarsa mengatakan bahwa timnya sudah melakukan pelaporan secara resmi ke Polres Wajo atas dugaan tersebut.

“Tim kami hampir 2 bulan melakukan investigasi dan pemantauan. Alhasil baket dan datanya kami sudah tuangkan dalam laporan ke Polres Wajo,” ungkap Adiarsa di Halaman Mapolres Wajo, Senin (18/1/2021).

Dari puluhan Kades yang dilaporkan kata Adiarsa, pihaknya meminta Kapolres Wajo segera melakukan pemanggilan dan pemeriksaan dalam mengusut tuntas dugaan kerugian negara yang terjadi di tingkat desa.

“Ada beberapa desa yang menjadi prioritas kami laporkan, karena diduga pekerjaannya sangat melenceng dari Rencana Anggaran Belanja (RAB) dan RKS,” tegasnya.

Lebih jauh Adiarsa membeberkan, beberapa desa diduga kuat melakukan pemufakatan jahat pada proyek yang dikerjakan. Diantaranya desa yang berada di wilayah Kecamatan Pitumpanua, Kecamatan Keera, Kecamatan Bola, Kecamatan Pammana, Kecamatan Tanasitolo, kecamatan Majauleng, dan Kecamatan Gilireng.

“Kami akan kawal terus laporannya sampai status hukum terlapor jelas. Selain itu, 81 Item Proyek APBD Pemkab Wajo Tahun Anggaran 2020 ikut dilaporkan,” kuncinya.

Sementara Kapolres Wajo, AKBP Muh. Islam Amrulloh saat di dikonfirmasi awak media melalui sambungan sellulernya membenarkan perihal laporan LSM PERAK Sulsel. Menurutnya, laporan tersebut sudah diterima dan akan segera ditindaklanjuti.

”Laporan teman-teman LSM Perak Sulsel sudah kami terima. Namun prosesnya tetap sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku,” ucapnya.

Lulusan Akademi Kepolisian Tahun 2001 tersebut menambahkan, Polres Wajo sangat terbuka dalam penanganan kasus. Pihaknya juga berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak, demi kelancaran penyelidikan hingga ke ketahap penyidikan,” kata Kapolres.

”Mohon bersabar yah. Adapun hasilnya, kami akan buka semua di depan teman-teman. Mohon dukungan dan kerjasamanya demi kelancaran penyelidikan,” imbuhnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga