Dijual Bebas, Masyarakat Surabaya Berburu Alat Rapid Test Anti Gen

Tangkapan Layar (screenshot) dari salah satu online shop

Surabaya, Akuratnews.com - Akibat mahalnya biaya rapid test, masyarakat di Surabaya mulai memburu alat rapid test anti gen, yang dijual di online shop maupun di toko alat kesehatan (alkes).

Sumber akuratnews.com menceritakan, sudah beberapa bulan ini, ia dan keluarganya melakukan rapid test di rumah, tanpa bantuan tenaga kesehatan (mandiri).

"Saya biasanya test sendiri di rumah. Untuk alat tesnya beli di online shop banyak kok mas, dan harganya terjangkau, daripada kita harus test di rumah sakit atau lab (laboratorium)," terang sumber yang enggan namanya dicantumkan, Selasa (19/01/21).

Ibu rumah tangga yang juga merupakan pegawai swasta ini mengungkapkan, bahwa suaminyapun melakukan rapid test mandiri di kantor.

"Kalau suamiku alat rapidnya dibelikan bosnya, trus mereka di kantor disuruh rapid sendiri, gak ada dokter. Bosnya juga beli online kok," ungkapnya.

Sumber juga mengaku pernah membeli alat rapid test anti gen di salah satu toko alat kesehatan (alkes) di daerah Gubeng, Surabaya.

"Kalau yang online dikirimnya dari Jakarta, tapi kalau mau beli langsung bisa kok di toko alkes banyak," bebernya.

Berdasarkan penelusuran akuratnews.com, di beberapa online shop maupun toko alat kesehatan, harga alat rapid test antigen bervariatif, berkisar antara 1,5 juta sampai dengan 3 juta rupiah per box, tergantung merk dan jenisnya.

Penulis:

Baca Juga