Wujud Nyata Sejahterakan Warga

Dinas Perikanan Sinjai Kembali Serahkan Bantuan 1,5 Juta Bibit

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai, H. Haris Achmad menyerahkan bantuan bibit udang windu kepada Pokdakan di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melalui Dinas Perikanan kembali menyerahkan bantuan 1,5 juta bibit udang windu, Jumat (23/7/2021).

Bantuan bibit yang berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Takalar ini, diperuntukkan untuk empat kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang ada di Kecamatan Sinjai Utara, dan Sinjai Timur.

Kepala Dinas Perikanan Sinjai, H. Haris Achmad mengatakan, aliran bantuan yang terus dilakukan pemerintah kepada pembudidaya selama pandemi Covid-19 ini, sebagai wujud nyata menggerakkan ekonomi masyarakat dalam rangka peningkatan produksi dan kesejahteraan.

"Udang windu merupakan komoditas unggulan yang memiliki prospek pasar yang baik dan bernilai ekonomi. Olehnya itu, percepatan penyaluran bantuan akan terus kita lakukan," ungkapnya.

Haris mengaku, bantuan yang diserahkan merupakan usulan Pemkab Sinjai kepada Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, yang semuanya tidak lepas dari peran dan kerja keras Bapak Bupati Sinjai, yang intens berkomunikasi baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

Ia juga memastikan bahwa penentuan penerima bantuan merupakan hasil verifikasi yang dilakukan oleh BPBAP Takalar bersama tim teknis dari Dinas Perikanan Sinjai.

Terpisah, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) berharap, bantuan yang disalurkan dapat dimanfaatkan dengan baik, agar akuakultur berbasis Blue Economy yang menerapkan prinsip tanpa limbah (Zero Waste), peningkatan nilai tambah produk (Social Inclusiveness), dan peningkatan lapangan kerja dapat menghasilkan beberapa jenis produk unggulan dan menciptakan inovasi serta mampu beradaptasi di segala usaha.

“Semoga bantuan ini bermanfaat dan terus dikembangkan oleh Pokdakan dalam meningkatkan hasil produksi ditengah pandemi Covid-19 dan kembalinya kebangkitan usaha budidaya udang windu di Kabupaten Sinjai,” harapnya.

Pendistribusian bantuan ini diserahkan langsung Kepala Dinas Perikanan Sinjai, H. Haris Achmad kepada Pokdakan Sungai Donga Lappa, Pokdakan Teratai Mekar 1 Balangnipa, Pokdakan Mekar 2 Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara, dan Pokdakan Cabbengnge Desa Pasimarannu Kecamatan Sinjai Timur.

Sebelumnya, Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai telah menyerahkan bantuan 1,3 juta bibit udang windu kepada tiga Pokdakan di Kabupaten Sinjai pada 16 Juni 2021 lalu. Ketiga Pokdakan ini diantaranya Pokdakan Lestari, Usaha Bersama, dan Ganggang Jaya I.

Selain bantuan bibit udang windu, Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai juga telah menyalurkan 197 ribu ekor bibit ikan nila salin, dan 600 ekor induk ikan nila salin kepada tujuh Pokdakan di Kecamatan Tellulimpoe, Sinjai Timur, dan Sinjai Barat pada 1 Juli 2021 lalu.

Penulis: Ashari

Baca Juga