Dinkes Sinjai Galang Komitmen Tingkatkan Layanan Kesehatan

Lokakarya Mini (Lokmin) lintas sektor triwulan II UPTD Puskesmas Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Balangnipa melaksanakan Lokakarya Mini (Lokmin) lintas sektor triwulan II di Aula Kantor Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (24/6/2021).

Kepala UPTD Puskesmas Balangnipa, A. Yuli Angraeni menyampaikan bahwa Lokmin digelar dengan tujuan untuk menginformasikan, mengindentifikasi capaian hasil triwulan sebelumnya, membahas dan memecahkan masalah atau hambatan yang dihadapi lintas sektor pada kegiatan sebelumnya.

“Lokmin ini kami memaparkan hasil capaian kegiatan program kesehatan dari bulan Maret hingga Mei. Disini kami ungkapkan masalah yang ditemukan di lapangan lalu kami dikoordinasikan dengan lintas sektor untuk mencari solusinya,” katanya.

Lokmin sektoral yang digelar ini, kemudian diapresiasi Camat Sinjai Utara, H. Sofwan Sabirin.

Sofwan mengatakan bahwa permasalahan kesehatan bukan hanya menjadi tanggung jawab puskesmas dan dinas kesehatan, melainkan perlu sinergitas dan dukungan lintas sektor untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Permasalahan kesehatan menjadi tanggung jawab kita bersama, sebab peningkatan derajat kesehatan akan berpengaruh pada sektor pendidikan, ekonomi, dan sektor lainnya,” ungkapnya saat membuka Lokmin.

Dia berharap, melalui kegiatan ini para peserta bisa memberikan masukan dan usulan, agar pelayanan kesehatan di Kecamatan Sinjai Utara bisa lebih meningkat lagi.

Sementara Kadis Kesehatan Sinjai melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan sebagai pembina UPTD Puskesmas Balangnipa, Hj. Darmawati mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memaparkan kegiatan yang selama ini dilaksanakan oleh Puskesmas Balangnipa dan capaiannya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membahas dan mengevaluasi kegiatan bidang kesehatan yang dilakukan oleh puskesmas dan seluruh posyandu yang ada di wilayah Kecamatan Sinjai Utara,” tuturnya.

Acara yang dirangkaikan dengan penandatangan penggalangan komitmen bersama lintas sektor ini, turut dihadiri oleh Unsur Tripika Kecamatan Sinjai Utara, Kepala Bidang Kesmas Dinkes Aliawati Albek, para Lurah, tokoh masyarakat, Kepala Posyandu dan beberapa OPD lintas sektor.

Penulis: Ashari

Baca Juga