Diplomasi Prabowo Layak Diacungi Jempol, Amerika Serikat Tunduk untuk Jalin Kerja Sama Militer

Jakarta, Akuratnews.com - Diplomasi Menhan Prabowo Subianto memang layak diacungi jempol. Buktinya, Amerika Serikat dan Indonesia sepakat menjalin kerja sama militer.

Menhan AS, Mark Esper dan Menhan Prabowo Subianto melakukan pembicaraan via telepon. Dalam pembicaraan itu, keduanya membahas kerja sama militer di masa pandemi Covid-19.

"Keduanya membicarakan keamanan maritim, pengadaan alat pertahanan, dan latihan militer. Kedua menteri menyampaikan keinginan mereka untuk dapat bertemu secara langsung dalam waktu dekat," kata Kedutaan Besar AS di Jakarta dalam rilis, Rabu (5/8/2020).

Selain soal militer, Ester dan Prabowo menyatakan keprihatinan bagi mereka yang terdampak Covid-19 di Amerika Serikat dan Indonesia.

"Menhan Prabowo menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Amerika yang telah menyumbangkan ventilator dan dana bantuan Covid-19 senilai 12,3 juta dolar AS untuk Indonesia," demikian bunyi rilis tersebut.

Sebelumnya, pembicaraan yang melibatkan dua pejabat AS dan Indonesia juga terjadi di antara Menteri Luar Negeri (Menlu) Mike Pompeo dan Menlu Retno Marsudi. Dalam kesempatan itu keduanya masalah Laut China Selatan.

Wakil juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Cale Brown menyatakan, Pompeo dan Retno membahas mengenai Kemitraan Strategis AS-Indonesia yang kuat dan terus terjalin,

"Serta tujuan bersama kedua negara akan penghormatan terhadap hukum internasional di Laut China Selatan," ucapnya.

Penulis: Eddy

Baca Juga