Lebih Jernih dan Bersih

Dirut Delta Tirta: Desember 2019, Sidoarjo Terlayani Air Umbulan

H. Abdul Basit Lao, (Foto: Dok. Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Masyarakat Sidoarjo bakal terlayani air umbulan yang memiliki kualitas lebih jernih dan bersih dengan kapasitas serapan 1.200 liter/detik mulai Desember 2019 mendatang.

Hal itu dikemukakan Pjs. Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Delta Tirta Sidoarjo, H. Abdul Basit Lao pada Akuratnews.com, Senin (29/7/2019).

"Sejauh ini akan diselesaikan pengerjaan konstruksi Distribution Centre (DC) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional II Umbulan di Candi, Buduran dan Waru. Setelah itu, dilanjutkan membangun DC di Jabon dan Porong Oktober 2019. Lalu, DC di Tanggulangin dan Gedangan. Terakhir, DC di Sidoarjo," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Basit sempat mengungkapkan rasa kecewa atas kegagalannya membangun DC Sidoarjo di lokasi yang telah direncanakan, yakni lahan fasum di kawasan Perumahan Pondok Jati, Pagerwojo, Buduran.

"Entah, kenapa warga setempat menolak, padahal DC Sidoarjo itu bakal dibangun di lahan fasum dan untuk kepentingan masyarakat? Tapi, tak mengapa, toh sudah disetujui berbagai pihak terkait, DC Sidoarjo dibangun di lahan sekitar kantor PDAM Delta Tirta, Jl. Pahlawan, Sidoarjo. Alhamdulillah," ucapnya.

Ketika disinggung soal layanan air umbulan dalam kurun waktu empat tahun, mulai 2019 hingga 2022, Basit menanggapinya dengan enteng hal tersebut.

"Ya, sebagai langkah awal, saya sengaja mengusulkan empat tahun, karena saya tidak mau terbebani nantinya, yang justru berakibat PDAM mengalami kerugian. Saya tidak mau gegabah, tentu saya sudah memperhitungkan segala sesuatunya. Intinya, saya tidak mau berspekulasi," terang dia.

Untuk diketahui, sambung Basit, saat ini cakupan layanan PDAM Delta Tirta menyangkut kebutuhan air minum bagi masyarakat Sidoarjo baru mencapai 38 persen.

"Ke depan, target saya bisa meningkatkan cakupan layanan tersebut," pungkasnya.*

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga