Dirut ICT: Posisi Krusial, Sertifikasi Manajer HRD Dinilai Penting

Direktur PT Insan Cipta Talenta besama dengan asesi (manajer) menjalani sesi foto bersama sebelum mengadakan ujian sertifikasi profesi BNSP level manajer.

News, Akuratnews.com - Sertifikasi di era milenial yang mana Indonesia sebagai negara berkembang, bukan lagi menjadi pilihan, namun menjadi kebutuhan bahkan kewajiban bagi para Sumber Daya Manusia (SDM), dalam rangka berkemampuan dalam bidang industri di tanah air. Era 4.0 menuntut para pelaku industri untuk membekali diri, salah satunya pembekalan manajerial yang ditetapkan, dan bersertifikasi.

Landasan dasar kegiatan sertifikasi dilaksanakan adalah sesuai dengan arahan Menteri Tenaga kerja melalui surat edaran SE/SHK. 04.00/VII/2019, yang menghimbau bahwa ditahun 2021 seluruh praktisi wajib sertifikasi HR dengan Lisensi BNSP. berkaca dari sini, seluruh lini dari suatu perusahaan dari staff, supervisor dan manager perlu disertifikasi.

"Sudah sering kami mengadakan sertifikasi, karena kami merasa perusahaan di luar sana tidak semua mampu mengadakan pelatihan internal. Jadi kami hadir untuk memberikan pelatihan serta merekomendasikan perusahaan terkait, untuk disertifikasi semua praktisinya baik pemda maupun swasta," ujar Direktur PT Insan Cipta Talenta Dr. Qodariah, SE., MM, saat dihubungi, Selasa 14 September 2021.

Lebih jauh wanita yang akrab dipanggil Ria ini menjelaskan, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), juga hadir menjadi induk dari semua sertifikasi profesi.

"Kami sebagai fasilitator, berusaha yang terbaik untuk semua praktisi MSDM. Pentingnya pelatihan dilakukan sebagai bentuk dedikasi kami juga, agar perusahaan mampu memaksimalkan SDM nya dalam memajukan perusahaan yang dinaunginya dalam bentuk pelatihan dan sertifikasi profesi, nantinya level yang dijabat mampu diakui oleh negera sebagai praktisi ahli di bidangnya. Sehingga mampu mendongkrak perusahaannya sendiri dan mampu mendongkrak softskill hingga hardskill yang dimiliki masing masing asesi (peserta)," terangnya.

Diakuinya, berbicara tentang sertifikasi, pihaknya akan berusaha untuk mensertifikasi tidak hanya dari MSDM saja. "Semua bidang yang diminta oleh client akan kami usahakan selalu terpenuhi agar visi misi dari PT Insan Cipta Talenta (ICT) ini tersalurkan dan menjadi pelopor penggiat sertifikasi profesi itu sendiri," katanya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga