Disebut Tak Buat Laporan Pertanggungjawaban, Mantan GAM Tolak Terpilihnya Darwis Jeunib

Tgk Darwis Jeunib terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua DPW Partai PA Bireuen. (foto dok. Akuratnews.com)

Bireuen, Akuratnews.com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh ( PA) Kabupaten Bireuen menggelar acara Musyawarah Wilayah (Muswil) di Hotel Bireuen Jaya, Minggu (27/10/2019).

Muswil tersebut selain dihadiri para ketua Partai lokal juga dari ketua Partai Nasional serta ratusan anggota dari Partai Aceh dan Komite Peralihan Aceh (KPA) dari 17 kecamatan yang ada dikabupaten Bireuen.

Ketua Panitia H. Khalili yang juga merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Aceh, mengatakan kepada Akuratnews.com, acara tersebut juga dihadiri Bupati Pidie Jaya H. Ayub Abbas yang beragendakan pemilihan ketua baru untuk DPW Partai PA di Kabupaten Bireuen sekaligus penetapan ketua terpilih.

Khalili menambahkan, acara tersebut dihadiri 33 utusan Sagoe dari 17 kecamatan, 14 daerah, 9 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bireuen dan 2 orang dewan perwakilan rakyat Provinsi Aceh.

Selain itu hadir juga utusan Majelis Ulama Nanggroe Aceh (MUNA) Kabupaten Bireuen, Tuha Peuet Partai, Ketua wilayah Partai, perwakilan Dewan Pimpinan Aceh dan Pasukan Inoeng Bale, "Jadi mereka yang kita undang pada acara Muswil adalah para pemegang mandat atau yang berhak memberikan hak suara. Total peserta yang hadir 400 orang,"sebut khalili.

Sidang yang dipimpin H. Khalili dan didampingi Rusyidi Mukhtar ( ketua DPRD kab Bireuen 2019 /2024) dan Ridwan Muhammad (mantan ketua DPRD Kabupaten Bireuen 2014/2019), secara aklamasi memilih kembali Darwis Jeunib (incumben), melanjutkan kembali kepemimpinannya terhadap Partai Aceh di Kabupaten Bireuen, sebagai ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh Kabupaten Bireuen periode 2019 /2024.

Namun, sejumlah Anggota Kombatan Mempertanyakan Hasil Muswil. Beberapa anggota mantan kombatan GAM Mempertanyakan hasil pemilihan ketua DPW PA Kabupaten Bireuen yang menetapkan kembali Darwis Jeunib sebagai ketua DPW PA Kabupaten Bireuen periode 2019 /2024.

Sufri alias Boing yang didampingi Adli Tjalok, yang juga merupakan mantan anggota DPRD provinsi Aceh mengatakan kepada para awak media, setiap pemilihan Partai lokal dan nasional, maka calon incumbent wajib membuat laporan pertanggungjawaban sebelum diadakan Muswil.

Boing mengatakan, pihaknya bukan menolak bila Tgk. Darwis Jeunib terpilih kembali sebagai ketua DPW Partai PA di Kabupaten Bireuen, namun didalam aturannya, bagi setiap calon dari ketua incumbent itu harus membuat laporan pertanggungjawaban kepemimpinan beliau.

"Kami dan sejumlah mantan kombatan GAM lainnya juga tidak mendapat undangan untuk menghadiri Muswil. Kami menilai pencalonan ketua DPW Partai PA Bireuen tidak terbuka dan tidak dibuka. Dimana Tgk Darwis Jeunib sendiri sudah menjabat sebagai ketua DPW Partai PA sejak tahun 2009 yang lalu," ujarnya.

"Yang jelas kami sangat kecewa dan menolak hasil Muswil DPW Partai PA di Kabupaten Bireuen karena bertentangan dengan AD/ART Partai Aceh," pungkasnya. (*)

Baca Juga