Diskominfo Sinjai Mudahkan Pelaku UKM Pasarkan Produk Via Online

Produk lokal dari pelaku usaha di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS
Produk lokal dari pelaku usaha di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Meningkatkan keterampilan para pelaku usaha, Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemasaran online.

Bimtek yang dilakukan secara daring atau via zoom ini diikuti puluhan pelaku usaha yang ada di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (15/4/2021).

Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Sinjai, Irwan Suaib mengatakan, pemasaran online atau sering disebut sebagai pemasaran digital diartikan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan internet.

Pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, website, email, bahkan augmented reality.

Kemudian, dapat dilakukan dengan iklan berbayar, konten berkualitas atau sekadar postingan sederhana melalui media online.

Khusus untuk di Kabupaten Sinjai kata Irwan, pelaku usaha banyak melakukan pemasaran online dengan memanfaatkan medsos seperti facebook dan instagram. Kemudian memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan lainnya.

Selain itu, membuka Website Toko Online sendiri dan membuat aplikasinya sendiri, serta memanfaatkan aplikasi pengantaran online yang ada di Sinjai seperti Van Ojek, Okejek, dan lainnya.

"Kami Diskominfo dan Persandian Sinjai siap menyediakan tempat untuk mengakses internet bagi
masyarakat yang akan melakukan pemasaran online," ujar Irwan memaparkan materinya.

Bahkan, pihaknya siap memfasilitasi Bimtek jika ada masyarakat yang perlu bimbingan penggunaan medsos, website, dan saluran pemasaran online.

Hadir sebagai narasumber pada Bimtek ini, yakni Astini Latif dengan materi Digitalisasi Bersama WhatsApp Business Sebagai Media Penjualan Online, Kepala Bidang Aptika Diskominfo dan Persandian Muhammad Takdir yang menyampaikan Menjaring Pelanggan Dengan Toko Online.

Kemudian, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja La Baba Faisal menyampaikan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan Plt. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Muh. Saleh dengan Upaya pemerintah dalam pengembangan IKM dimasa pandemi Covid-19.***

Penulis: Ashari

Baca Juga