Disrumkim Depok Genjot Pembangunan Dua Megaproyek

Depok, Akuratnews.com - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat kini tengah fokus wujudkan pembangunan dua megaproyek fasilitas publik. Melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) pihak Pemkot Depok berupaya realisasikan pembangunan dan penataan lingkungan alun - alun dan Stadion Merpati hingga tuntas.

Kepala Bidang Pembangunan Gedung Pemerintah dan Fasilitas Publik Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Depok, Suwandi mengatakan anggaran dana ke dua program pembangunan itu bersumber dari APBD Depok dan harus selesai sesuai target.

"Sesuai kontrak kerjanya pelaksanaan kerja lapangan baru berjalan sejak 31 Agustus 2018 lalu. Diharapkan bisa selesai sesuai dengan kontrak kerja yang ada," jelasnya, Kamis,(27/9/2018).

Suwandi menjelaskan, saat ini luas area pekerjaan pembangunan dan penataan lingkungan alun - alun tahab I, luasnya 1,8 hektar dari luas total lahan mencapai 3,8 hektar. Waktu pelaksanaan kerja di tahab I selama 120 hari kalender.

Nilai total proyek pembangunan penataan lingkungan alun-alun sebesar Rp.90 miliar dan terbagi dalam II tahab pengerjaan di tahun berbeda. Tahab I di tahun 2018 ini dianggarkan senilai Rp.32.679 miliar.

Sedang, untuk pembangunan penataan lingkungan di Stadion Merpati terdiri dari tiga tahab. Tahab I digelar pada tahun 2017 lalu senilai Rp.2, 03 miliar, pagu fisik tahab II sebesar Rp.9.263 miliar. Total dana tiga tahab pembangunannya kurang lebih sekitar Rp.20 miliar.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), proyek pembangunan alun - alun dan Stadion Merpati, Sriyanto kepada akuratnews mengatakan progres kerja di lapangan pada dua proyek pembangunan fasilitas publik itu tergolong masih relatif kecil lantaran baru mulai berjalan. Kini, tahab pembangunanya masih on progres.

"Untuk kegiatan pembangunan alun - alun progresnya masih kecil, baru mencapai sekitar 7 persen. Pada kegiatan Stadion Merpati progresnya 14 persen," katanya.

Jika melihat capaian progres kerjanya, Sriyanto menilai kurun waktu hampir satu bulan kegiatan pada dua proyek pembangunan fasilitas publik itu masih berjalan sangat baik.

"Saat ini masih on progres, deviasinya positif. Artinya bukan mustahil kegiatan bisa selesai sebelum batas akhir waktu pelaksanaan kerjanya," terang Sriyanto.

Menurutnya, pelaksanaan pembangunan alun - alun tahab I ini nantinya akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung seperti, lapangan basket, futsal, wallclimbing, skateboard, BMX Park, Jogging track dan gedung pengelola taman.

Sedang untuk kegiatan pembangunan dan penataan lingkungan Stadion Merpati nantinya tribun penonton akan mampu menampung sekitar 3000 orang. "Stadion ini juga akan di bangun fasilitas parkir, drainase, pemeliharaan siram rumput otomatis, dan resapan air pada area lapangan," kata Sriyanto.

Dari informasi yang didapat, untuk tahab lanjutan pembangunan dan penataan lingkungan Stadion Merpati nilainya dibanderol Rp.8.750 miliar. Sedang untuk lanjutan kegiatan pembangunan alun - alun di tahun 2019, dianggarkan senilai Rp.51.482 miliar. (Eko)

Penulis:

Baca Juga