oleh

Ditanya Cara Atasi Hoax, Jansen Sitindaon: Jangan Lakukan Tiga Motif ini

Jakarta, Akuratnews.com – Menanggapi pertanyaan terkait bagaimana cara mengatasi hoax, Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan, jangan lakukan tiga motif munculnya hoax.

Pertama, terlalu benci. Jansen menjelaskan kebencian merupakan awal dari adanya hoax. “Misalnya saja saat ini, Jokowers vs Prabowers, inikan kebencian ini”, tuturnya dalam diskusi publik Hoax dan Pemilu yang diadakan di Gedung Kominfo Republik Indonesia, Selasa (14/8/2018).

Kedua, terlalu cinta. “Misalnya orang yang mengatakan Elvis Presley masih hidup padahal sudah meninggal, inikan akibat terlalu cinta”, ujarnya.

ketiga, tidak boleh jadi orang awam. Jansen mengatakan ketidaktahuan menjadi penyebab hoax mudah tersebar. Menurutnya, kalau kita tidak mengerti dan tidak mengetahui apa yang kita dengar atau kita dapatkan, janganlah ikut menyebarkan berita tersebut.

“Kita harus mengklarifikasi terlebih dahulu sebelum mempercayai sebuah isu atau berita yang beredar”, tambah dia.

Selain itu, Jansen juga menilai kalau hoax yang banyak beredar saat ini adalah bisnis. Ada orang yang khusus memproduksi hoax, karena memang permintaan pasar, khususnya kalau menjelang pemilu seperti saat sekarang ini.

“Penyebaran hoax ini sangat cepat, sama dengan kecepatan cahaya, jadi ini sangat berbahaya. Identifikasi terlebih dahulu ada tidaknya tim sukses calon-calon Presiden ini mengorganisir orang, menciptakan tempat khusus, menyediakan laptop khusus untuk kemudian bekerja (menyebarkan hoax) bagi dia (partai politik)” tutup Jansen. (Rhm)

Komentar

News Feed