Diterjang Puting Beliung, Satu Tewas dan Ratusan Rumah di Tuban Rusak

Ilustrasi-Angin Puting Beliung

Tuban, Akuratnews.com - Ratusan rumah di Desa Gemulung, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur rusak setelah diterjang angin puting beliung, Selasa (19/3/2019).

Bencana tersebut juga mengakibatkan satu orang tewas setelah tertimpa reruntuhan atap rumah yang ambruk. Korban tewas diketahui bernama Anto (16). Jenazah korban langsung dimakamkan pihak keluarga.

Kepala Desa Gemulung, Tarmono mengatakan, saat angin puting beliung menerjang korban berada di depan rumah bagian depan. “Korban tertimpa atap rumah yang runtuh diterjang angin,” katanya.

Dia menuturkan, angin puting beliung datang bersamaan dengan hujan deras. Dalam tempo singkat, angin memorak porandakan ratusan rumah warga. “Kerusakan rata-rata terjadi pada bagian atap rumah,” ucapnya.

Dari hasil pendataan sementara, kata dia, ada 150 lebih rumah warga yang rusak parah. Jumlah itu diperkirakan masih bisa bertambah. Selain rumah warga, bencana itu juga merusak dua gedung sekolah.

Saat ini, pemerintah desa sedang melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tuban untuk mendata kerusakan rumah warga maupun fasilitas umum yang rusak pascaditerjang angin puting beliung.

“Pemerintah desa juga akan mengajukan permohonan bantuan sembako dan material berupa genting dan kayu untuk memperbaiki atap rumah warga yang rusak,” kata Tarmono.

Untuk sementara, lanjut dia, warga bergotong royong memperbaiki atap rumah yang rusak secara darurat agar bisa ditempati kembali. (Red)

Penulis:

Baca Juga