Lapor Balik Sang Pelapor

Dituding Menganiaya, Iko Uwais: Saya Bela Kakak!

AKURATNEWS  - Dilaporkan ke Polres Bekasi Kota karena melakukan tindakan penganiayaan, aktor Iko Uwais melaporkan balik sang pelapor yakni Rudi dan istrinya, Vitria ke Polda Metro Jaya, Selasa (14/6/2022). Laporan balik itu terkait pencemaran nama baik atau fitnah.

"Laporan tindak pidana dan atau pencemaran nama baik dan atau fitnah. Pelapor Uwais Qorny (Iko Uwais) dengan terlapor Rudi dan Vitria Mahardika Inda," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, Selasa (14/6/2022).

Dalam laporan tersebut, Iko menyebut Rudi menghina sang istri, Audy Item dengan menyebut Audy menggunakan jin dan babi ngepet yang disampaikan kepada saksi, Asisten Rumah Tangga (ART) korban dan ART terlapor.

Iko sendiri sudah buka suara soal tuduhan penganiayaan ini saat jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022) dini hari. Iko yang ditemani manajer dan tim kuasa hukumnya mengaku sedang dalam kondisi yang kurang fit.

Dalam kesempatan itu, kuasa hukum Iko, Leo Sagala menyebut, pelapor melancarkan tuduhan yang tidak benar.

"Pertama, sebagai pembuka, perlu saya jelaskan, klien kami ada laporan di Polres Bekasi berkaitan dengan dugaan tindak pidana pengeroyokan. Yang ingin kami sampaikan, saudara Rudi sebagai pelapor di Polres Metro Bekasi telah melakukan pemutarbalikan fakta di dalam laporannya," ujarnya.

Leo menyebut, di dalam laporannya disebutkan, Iko menolak melakukan pembayaran atas invoice yang telah dilakukan dan bahkan melakukan pengeroyokan.

Menurut Leo, Iko justru sebenarnya tidak mendapat haknya. Sejak awal, mereka setuju untuk sebuah pekerjaan dengan biaya Rp300 juta. Namun setelah Iko membayar Rp150 juta, Rudi malah tidak menyelesaikan pekerjaannya.

"Akhirnya dibuat kesepakatan, Rudi akan menyediakan jasa interior dengan kesepakatan Rp300 juta. Klien kami sudah melakukan pembayaran terhadap terminal I dan termin II dengan total pembayaran Rp150 juta. Nah, ternyata setelah klien kami bayar Rp150 juta pun tetap tidak menyelesaikan pekerjaan. Bahkan, dia cenderung lari dari tanggung jawab. Ketika klien kami menanyakan, dia tidak mendapatkan respon yang baik," jelas Leo Sagala.

Menurutnya, justru Iko yang sejak awal dirugikan. Bukan karena haknya yang tidak didapatkan. Suami Audy Item tersebut juga menuding Rudi telah mencemarkan nama baiknya.

"Akhirnya, setelah tidak mendapatkan respon yang baik, klien kami meminta kontraktor yang ditunjuk untuk menghubungi pihak Rudi. Dan ternyata, yang didapatkan oleh kontraktor justru Rudi ini diduga bersama-sama dengan istrinya memberikan suatu pernyataan-pernyataan mencemarkan nama baik klien kami," papar Leo.

Pertemuan itu akhirnya memanas karena Rudi disebut lebih dulu menendang Iko Uwais. Sedangkan istri Rudi terus memaki sambil merekam sang aktor.

Sampai akhirnya, kakak Iko Uwais juga nyaris dipukul pada bagian kepalanya. Iko yang merasa kakaknya, Firmansyah terancam, mencoba melakukan pembelaan diri.

"Ketika dilihat semakin memanas, kakak saya muncul ingin melerai namun justru disambut dengan tindak kekerasan fisik oleh saudara Rudi kepada kakak saya juga. Nah, di situlah saya terpaksa melakukan sikap membela diri terutama untuk melindungi kakak saya," tegas Iko.

Terpisah, Kapolres Bekasi Kota, Kombes Hengki menyebut, Iko Uwais dan rekannya Firmansyah batal diperiksa penyidik atas dugaan penganiayaan.

"Belum bisa hadir karena ada kegiatan, dijadwalkan kembali," kata Hengki, Selasa (14/6/2022).

Dalam perkara ini, Polres Bekasi Kota sudah memeriksa pelapor yaitu Rudi dan dua orang saksi lain. Dari bukti yang disampaikan, kata Hengki, ada luka memar di sejumlah bagian tubuh Rudi.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga