Djaduk Ferianto Tutup Usia, Sore Ini Dimakamkan di Bantul

Yogyakarta, Akuratnews.com - Dunia seni Indonesia kembali berduka. Budayawan, seniman sekaligus musisi Djaduk Ferianto tutup usia, Rabu (13/11) dini hari.

Kabar duka ini disampaikan sang kakak yang juga seniman teater, Butet Kertaradjasa. Butet dalam akun instagramnya @masbutet mengunggah gambar hitam dengan tulisan 'Sumangga Gusti'. Dalam caption unggahannya tersebut Butet menuliskan 'RIP. Djaduk Ferianto'.

"Telah berpulang menghadap Tuhan. RM. Gregorius Djaduk Ferianto, hari ini Rabu 13 November 2019 pukul 02.30 WIB. Disemayamkan di Padepokan Seni Bagong K. Dimakamkan pukul 15.00 WIB di makam keluarga Sembungan, Kasihan Bantul. Pemberkatan pkl 14.00 WIB," kata Butet dalam pesan tertulisnya.

Djaduk merupakan putra bungsu dari Bagong Kussudiardja, koreografer dan pelukis senior Indonesia yang lahir di Yogyakarta pada 19 Juli 1964.

Dalam bermusik, ia dikenal konsen pada musik etnik dan tradisi. Djaduk juga menjadi salah satu anggota dari kelompok musik Kua Etnika, musik humor Sinten Remen dan Teater Gandrik.

Bersama berbagai kelompok kesenian, Djaduk telah menjelajahi berbagai kota di Indonesia dan di beberapa negara, antara lain: Belanda, Jerman, Swiss, Swedia, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Hongkong, Amerika Serikat.

Sejak 2007, ia juga aktif sebagai Tim Kreatif Ngajogjazz, sebuah program perhelatan musik jazz bertaraf internasional yang diadakan setiap tahun di Yogyakarta.

Pada 2011 bersama Butet Kartaredjasa dan Agus Noor, Djaduk Ferianto menggagas program Indonesia Kita yang telah menggelar 34 lakon pertunjukan. Termasuk mementaskan lakon terkininya, 'Pemburu Utang' di GBB TIM, Jakarta.

Selain bermusik, dia juga menyutradarai beberapa pertunjukan teater. Pernah bermain pula dalam sejumlah film seperti 'Petualangan Sherina' di tahun 2000.

Selain itu, ia juga pernah bermain di film 'Koper' (2006), 'Jagad X Code' (2009), dan 'Cewek Saweran' (2011).

Selamat jalan Mas Djaduk... Sugeng Kondur...

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga