Djarot Resmikan Revitalisasi Kali Besar di Kawasan Kota Tua

Jakarta, Akuratnews.com - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat beberapa hari lalu pernah mengatakan, akan memberikan kejutan sebelum dirinya diganti oleh Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Akhirnya kejutan itu diungkapkan saat meresmikan Revitalisasi Kali Besar, Revitalisasi Gedung Kerta Niaga di Kawasan Kota Tua dan Lokasi Binaan Taman Kota Intan di Jalan Cengkeh, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, pada Kamis (05/10/17).

Lantas, apa kejutan dari Djarot di akhir masa jabatannya? Ternyata kejutan tersebut adalah soal peresmian revitalisasi kawasan Kota Tua. Dimana begitu banyaknya pembangunan di yang harus diresmikan di kawasan tersebut, sehingga Djarot dan rombongan berjalan kaki dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

"Saya sampaikan beberapa waktu lalu akan ada kejutan. Kejutannya adalah pada malam hari ini kita peresmian seperti ini, berjalan kaki terus," kata Djarot.

"Jadi memang semuanya harus berjalan, bergerak, dan tidak ada ceremony tidak ada panggung-panggung dan kita harus menyatu," sambungnya.

Sementara kejuatan kedua adalah mengratiskan makanan dan minuman yang ada pusat kuliner Taman Kota Intan yang baru saja diresmikan.

"Yang kedua adalah seluruh makanan di Taman Intan sudah kita bayar, kita borong. Dan seluruhnya nanti akan bisa mengambil voucher di sana, dan makan bersama-sama di lokbin Kota Intan, gratis," ungkap politisi PDI-P itu.

Untuk diketahui, Djarot telah meresmikan Revitalisasi Kali Besar, Revitalisasi Gedung Kerta Niaga di Kawasan Kota Tua dan Lokasi Binaan Taman Kota Intan di Jalan Cengkeh, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Untuk Revitalisasi Kali Besar meliputi, sungai, yakni perbaikan dasar sungai, sistem filterasi sungai, pembangunan ponton, penanaman tanaman aquaponik, perbaikan tepi sungai di bawah jembatan, pekerjaan saluran, pekerjaan bendungan, dan perbaikan jalan di sisi barat dan timur Kali Besar.

Kemudian pengerjaan Jembatan Budaya dan Jembatan Informasi. Selain itu, ada juga pekerjaan pedistrian dan taman, pembangunan toilet, pekerjaan artwork, landscape, dan patung.

Peresmian yang dilakukan pada Kamis (05/10/17) malam, juga ditandai dengan deklarasi 'Wisata Malam Kuliner Kota Tua' dengan pusat kuliner di Taman Kota Intan.

Sebelumnya, pada beberapa hari lalu Djarot mengaku akan memberikan kejutanan di akhir masa jabatannya.
"Akan banyak yang kita bisa selesaikan. Yang sudah kita selesaikan pasti kita resmikan. Lihat saja nanti menjelang tiga minggu ini. Ada kejutan, menarik dan rahasia," ujar Djarot di Balai Kota Jakarta. (Dedy)

Penulis:

Baca Juga