Bahaya BPA

Dokter Farabi El Fouz Ingatkan Akan Bahaya BPA

AKURATNEWS - Dokter spesialis anak Farabi El Fouz, mempunyai kekhawatiran akan dampak buruk dari penggunaan wadah plastik yang mengandung Bisphenol A atau BPA. Itu sebabnya, pada kesempatan ini, Farabi El Fouz mengajak kepada masyarakat untuk mengetahui tentang apa bahaya Bisphenol A.

Pengetahuan tentang bahaya Bisphenol A menjadi sangat urgent mengingat, apabila terjadi akumulasi dalam waktu yang lama, bisa menimbulkan penyakit yang serius seperti kanker, gangguan hormon, penyakit jantung koroner, diabetes, gangguan kekebalan tubuh, dan ketidaknormalan enzim pada hati dan lain - lain.

Bisphenol A atau BPA karena mempunyai manfaat untuk bahan campuran untuk mengeraskan plastik sehingga plastik bisa lebih tahan lama, kuat dan mudah dibentuk maka BPA sangat masif digunakan.

Baca Juga: Arzeti Apresiasi Uji BPA BPOM, Begini Katanya

Apalagi harganya menjadi sangat kompetitif. Sayangnya, BPA ini juga digunakan untuk plastik kemasan semisal, Sebagian botol susu bayi, piring, gelas, sendok, dan bahkan mainan anak.

Mengingat bahaya dari BPA, pemerintah sudah mengatur agar botol bayi, kemasan susu dan alat makan untuk bayi harus free BPA alias bebas dari kandungan Bisphenol A.

Sayangnya, sebagian besar ibu - ibu di Indonesia membuat susu atau bubur bayi dari air yang bisa saja berasal dari wadah galon isi ulang yang mengandung BPA.

Baca Juga: Data Berbagai Ahli Terkait BPA Terus Bertambah

Padahal semua wadah bayi sudah free BPA. Sehingga ini yang mengkhawatirkan. Karena bagi bayi, balita dan janin tidak disarankan bersentuhan dengan BPA.

Di luar negeri, banyak negara-negara yang melarang penggunaan campuran zat kimia BPA. Hal tersebut dikarenakan jika terpapar dalam jangka yang lama dan banyak, maka akan menyebabkan kanker,  penyakit jantung koroner, diabetes, gangguan kekebalan tubuh, serta sejumlah pernyakit lainnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga