Sambut Ramadhan 1440 Hijriah

Dompet Dhuafa dan Ribuan Pekerja Migran Indonesia Gelar Pawai di Hong Kong

Dompet Dhuafa cabang Hong Kong juga turut memeriahkan acara tarhib Ramadhan dengan mengadakan Pawai Ramadhan di Tin Chiu Street North Point hingga ke Edinburgh City Hall, Low Block, Central. Minggu (28/4/2019).

Hong Kong, Akuratnews.com - Kemeriahan acara menyambut Ramadhan bukan hanya dirayakan oleh Warga di Indonesia saja, namun pada Minggu (28/4/2019) kemarin, Dompet Dhuafa cabang Hong Kong juga turut memeriahkan acara tarhib Ramadhan dengan mengadakan Pawai Ramadhan di Tin Chiu Street North Point hingga ke Edinburgh City Hall, Low Block, Central.

“Paling tidak ada tiga tujuan dilaksanakannya acara ini. Pertama untuk menyambut bulan suci ramadhan, Kedua, acara ini diharapkan bisa menyampaikan pesan kepada masyarakat Hong Kong terutama para majikan bahwa puasa bagi umat islam adalah aman, kami akan berkerja seperti hari biasa. Terakhir, kita juga ingin menyampaikan pesan kepada para majikan untuk memberikan kesempatan bagi pekerjannya untuk memakan makanan yang halal”. Ungkap Imam Baihaqi, General Manager DDHK.

Acara pawai yang diadakan oleh Dompet Dhuafa cabang Hong Kong ini diikutserkatan oleh lebih dari 1700 peserta yang berasal dari 80 lebih organisasi dan komunitas yang mayoritas peserta ialah para Pekerja Migran Indonesia (PMI) maupun rekan-rekan PMI berasal dari Filipina yang berada di Hongkong. Dalam rangkaian acara tersebut, hadir juga Yuni Suryati perwakilan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong kong, serta sambutan dari General Manager Dompet Dhuafa Imam Baihaqi dengan menyampaikan tujuan-tujuan dilaksanakannya acara tarhib Ramadhan ini.

Sebelum pawai dimulai perserta serta panitia berdoa dan diakhiri dengan salat dzuhur bersama agar dilancarkannya acara mulia ini, lalu pawai dilaksanakan. Peserta akan berjalan Tin Chiu Street North Point hingga ke Edinburgh City Hall, Low Block. Pawai diadakan untuk memberitahu warga Hong Kong lainnya bahwa Ramadhan akan tiba dan umat muslim akan berpuasa penuh dalam selama bulan Ramadhan.

Dompet Dhuafa bersama Forum Komunikasi Mu’min Peduli Umat (FKMPU) memeriahkan pawai ini. Tidak hanya pawai saja, para perserta juga dihibur dengan adanya pentas seni angklung serta hiburan dari Al-Ikhlas Tai po untuk meyegarkan para peserta setelah berjalan bersama pada siang hari.

Acara selanjutnya ialah tausiyah untuk mendorong agar para PMI lebih semangat berkerja dan beribadah selama menjalankan puasa dalam bulan Ramadhan. Acara diawali dan diakhir dengan doa bersama. Semoga dengan diadakannya tarhib ramadhan ini memberikan semangat menggelora untuk para PMI di Hong Kong dalam beribadah puasa dan berkerja.

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 25 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Penulis:

Baca Juga