Dongkrak Produksi Pangan, Tellulimpoe ‘Keciprat’ Rp4 M untuk Irigasi

Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib, S.STP di acara Musrenbang Kecamatan.
Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib, S.STP di acara Musrenbang Kecamatan.

Sinjai, Akuratnews.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan memastikan akan merehabilitasi tiga bangunan jaringan irigasi di Kecamatan Tellulimpoe.

Ketiga jaringan irigasi tersebut tersebar didua desa, seperti irigasi Balang dan Tippulue Desa Kalobba serta irigasi Bikali yang terletak di Desa Saotengah.

Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan Keciptakaryaan Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Sinjai, Herman mengaku bahwa rehabilitasi jaringan irigasi yang akan dikerjakan tahun 2021 di Kecamatan Tellulimpoe bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Sekarang sudah proses tender, bahkan sudah ada yang masuk tahapan masa sanggah," ungkapnya, Kamis (4/3/2021)

Total alokasi anggaran rehabilitasi jaringan irigasi tersebut kata Herman, sebanyak Rp.4 Milyar lebih, dengan rincian rehabilitasi jaringan irigasi Balang Rp.972 Juta lebih, dan irigasi Tippulue Rp.1,62 Milyar serta rehabilitasi jaringan irigasi Bikali Desa Saotengah Rp.1,58 milyar lebih.

Selain itu, lanjutnya, tahun 2021 juga akan dilakukan pembangunan SPAM jaringan perpipaan tematik penanggulangan kemiskinan Desa Kalobba sebanyak 150 unit dengan anggaran Rp.697 Juta lebih.

"Total alokasi anggaran untuk rehabilitasi jaringan irigasi dan pembangunan SPAM jaringan perpipaan tematik penanggulangan kemiskinan Rp.4,86 miliar lebih," bebernya.

"Pembangunan infrastruktur berupa jaringan irigasi ini, diharapkan mendongkrak peningkatan produksi pangan secara signifikan di wilayah Tellulimpoe," sambungnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga