Dorong Peningkatan Ekonomi, PKS Sinjai Exploring Gali Potensi Desa

Ketua PKS Sinjai, Djoeliharto bersama pengurus dan warga setempat di Jembatan Merah Desa Gareccing, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melakukan exploring desa, Kamis (24/6/2021).

Exploring desa ini dimaksudkan untuk menggali potensi desa-desa di Kabupaten Sinjai.

Mereka pengurus DPD PKS Sinjai menjelajahi desa-desa potensial,yang nantinya akan dibicarakan bersama pemerintah kabupaten.

"Exploring ini untuk menggali potensi desa-desa di Sinjai. Kita tahu masih banyak potensi desa yang belum terkelola dengan baik," kata Ketua DPD PKS Sinjai, Djoeliharto.

Dia mengungkapkan bahwa sejumlah potensi desa jika dimanfaatkan dengan baik, maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ada yang membutuhkan modal dari pemerintah untuk memaksimalkan potensi desa dan peluang usaha masyarakat desa. Namun ada juga yang hanya membutuhkan dorongan motivasi dan sedikit polesan agar usaha masyarakat desa bernilai ekonomi tinggi," terangnya.

Usaha petani madu di Desa Gareccing kata Djoeliharto, adalah salah satu contoh. Jika dilakukan pendampingan kepada petani ini, maka nilai madunya memiliki harga yang mahal, sebab madu yang disediakan adalah madu asli.

Beberapa potensi wisata alam juga tersaji di desa itu, hanya saja butuh polesan, sehingga lebih menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Belum lagi desa-desa lainnya yang saat ini banyak mengembangkan ternak sapi, yang hampir setiap petani memiliki usaha ternak. Jika dikelola dengan baik, maka pengembangan ternak ini bisa jadi objek wisata di petani.

Menurut Djoeliharto, itu hanya sebagian kecil dan masih banyak potensi desa lainnya yang bisa dikelola dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

"Setelah melakukan exploring dan mencatat sejumlah potensi desa, maka ini akan direkomendasikan ke fraksi di DPRD Sinjai, untuk secara bersama-sama dibahas dengan pemerintah," jelasnya.

Lanjut ditambahkan bahwa partai perlu membantu pemerintah untuk mendorong secara bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan cara itu juga, perekonomian masyarakat Sinjai tidak terlalu terdampak covid-19.

Saat ini diketahui sejumlah warung kopi dan kafe di Kabupaten Sinjai banyak yang tutup sejak pandemi Covid-19.

Penulis: Ashari

Baca Juga