DPMPTSP dan RSUD Sidoarjo Kembali Dapat Penghargaan dari KemenPAN-RB

Sidoarjo, Akuratnews.com - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo mendapatkan kembali penghargaan berupa pelayanan publik sangat baik (A-) dan pelayanan prima (A) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo dalam acara bertajuk "Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Wilayah II 2019" di Jakarta, Jumat (22/11/2019) lalu.

Dalam sambutannya, Tjahjo mengatakan, kunci kepemimpinan itu menciptakan inovasi atau terobosan untuk meningkatkan pelayanan publik lebih cepat dan efektif.

"Prinsipnya, pemerintah harus bekerja optimal dan berani membuat inovasi sekecil apapun dalam melayani masyarakat. Kuncinya, komitmen kepala daerah dan pimpinan OPD yang berani membuat terobosan, agar masyarakat tersenyum, karena mendapatkan pelayanan terbaik," tandasnya.

Begitu halnya, dikemukakan Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB, Diah Natalisa, penyerahan penghargaan ini, untuk memberikan motivasi terhadap Pimpinan Instansi Pemerintah dan Pimpinan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

"Tujuannya, agar para pimpinan itu tetap berkomitmen untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan di lingkup tugas dan fungsinya, sekaligus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berdampak bagi kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Menurut Diah, ada enam aspek yang dinilai dalam evaluasi, diantatanya, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

Usai menerima penghargaan, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah meminta kepada pimpinan OPD di Sidoarjo lainnya, terutama instansi yang menangani pelayanan kepada masyarakat agar mencontoh DPMPTSP dan RSUD Sidoarjo itu.

“Kini, era serba cepat dan mudah, termasuk memberikan layanan kepada masyarakat. Inovasi layanan publik DPMPTSP dan RSUD Sidoarjo diakui Kemenpan RB, sekarang tinggal kita dorong OPD di Sidoarjo lainnya," ucapnya.

Baca Juga