DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo Terima Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi dari KemenPAN-RB

Foto: Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah (berkopyah) bersanding dengan MenPANRB, Tjahjo Kumolo, didampingi Ketua DPRD Sidoarjo, H. Usman (4 dari kiri), Kepala DPMPTSP Sidoarjo, H. Ari Suryono (5 dari kiri), Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini (3 dari kanan) dan sejumlah anggota DPRD Sidoarjo.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Berkat keberhasilannya membangun Zona Integritas (ZI) berupa Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu (Sippadu) berbasis elektronik di Mal Pelayanan Publik (MPP), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo menerima penghargaan ZI berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Bahkan, DPMPTSP Sidoarjo itu satu-satunya DPMPTSP di Jawa Timur yang mendapatkan penghargaan ZI berpredikat WBK pada 2019 ini.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo kepada Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, didampingi Ketua DPRD Sidoarjo, H. Usman, Sekda Sidoarjo, H. Achmad Zaini, Kepala DPMPTSP Sidoarjo, H. Ari Suryono dan sejumlah anggota DPRD Sidoarjo, bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Dalam sambutannya, Menteri Tjahjo Kumolo mengatakan, pemberian penghargaan ZI merupakan bentuk apresiasi KemenPANRB pada unit kerja yang memiliki komitmen mempercepat implementasi reformasi birokrasi.

"Diharapkan, unit kerja yang melakukan percepatan ZI berpredikat WBK dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) dapat dijadikan role model nasional untuk memotivasi Kabupaten/Kota, agar melaksanakan hal serupa," katanya.

Terpisah, Kepala DPMPTSP Sidoarjo, Ari Suryono mengungkapkan, penghargaan itu apresiasi KemenPANRB kepada DPMPTSP Sidoarjo atas inovasinya membangun ZI layanan perizinan terpadu satu pintu yang menggunakan aplikasi Sippadu di MPP.

"Tujuannya, memberikan layanan prima kepada masyarakat, serta mewujudkan sistem pemerintahan yang efektif, efisien, bersih dan akuntabel," ujarnya.

Begitu halnya, disampaikan Bupati Saiful Ilah. Dia menuturkan, penghargaan yang diterima DPMPTSP dari KemenPANRB tersebut, diharapkan mampu menumbuhkan etos kerja birokrasi.

“Yakni, menumbuhkan budaya kerja birokrasi berintegritas serta terciptanya tata kelola pemerintah yang baik, bersih dan berorientasi pada pelayanan prima," tuturnya.

Baca Juga