DPN KOMBATAN Dukung Perombakan Kabinet Jokowi

Ketua Umum Kombatan, Budi Mulyawan. (Foto dok. Akuratnews.com).

Jakarta, Akuratnews.com - Selain mendukung langka perombakan kabinet, DPN KOMBATAN memandang penting bagi Presiden untuk segera melakukan Reformasi Birokrasi di seluruh Kementerian dan lembaga Negara, "Harus segera dilakukan," terang Budi Mulyawan.

Dewan Pimpinan Nasional Komunitas Banteng Asli Nusantara (DPN KOMBATAN) mendukung langkah Presiden Jokowi untuk melakukan perombakan kabinet Jokowi dalam rangka efisiensi dan efektivitas percepatan penanganan dampak Covid-19 di Indonesia.

"DPN KOMBATAN sangat mendukung langkah Reshuffle Kabinet yang akhirnya akan ditempuh oleh Presiden Jokowi," Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum DPN KOMBATAN, Budi Mulyawan SH dalam pers release-nya, Senin, (6/07/2020 ).

"Langkah Reshuffle Kabinet saja tidak lah cukup. Langkah tersebut harus dibarengi dengan MeReformasi Birokrasi (para birokrat), terutama pada mereka yang menduduki jabatan eselon 1, eselon 2 dan eselon 3. Ditangan merekalah efektivitas dan kinerja birokrasi ditentukan," jelas ketua umum KOMBATAN.

Sebelum memasuki fase Normal Baru, Presiden Jokowi, melalui Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bahkan telah memerintahkan para tim-nya untuk bekerja maksimal mengatasi pandemi tersebut. Berbagai upaya telah dilakukan. Kendati demikian, hasilnya tampak tidak memuaskan bagi presiden Jokowi.

Karena itu, DPN KOMBATAN menilai perombakan kabinet Jokowi merupakan langkah tepat dalam upaya percepatan penanganan dampak Covid-19.

"Kami menganggap langkah Reshuffle Kabinet lah yang sangat tepat pada saat ini untuk melaksanakan percepatan
penanganan pandemi tersebut dalam memasuki fase “Normal Baru," ucapnya

"DPN KOMBATAN menilai langkah Reshuffle Kabinet yang akan dilakukan oleh presiden Jokowi dapat mengembalikan soliditas para pembantu Presiden dalam menghadapi wabah Covid 19. Memasuki fase “Normal Baru” yang pada akhirnya, para Pembatu Presiden dapat segera mewujudkan Visi dan Misi yang telah dicanangkan Presiden Jokowi,".

Selain mendukung langka perombakan kabinet, DPN KOMBATAN memandang penting bagi Presiden untuk segera melakukan Reformasi Birokrasi di seluruh Kementerian dan lembaga Negara, "Harus segera dilakukan," terang Budi Mulyawan.

"Kami melihat, mayoritas ASN (Khususnya eselon 1, 2 dan 3) “Tidak Senafas’ dengan Visi dan Misi Presiden. Bagaimana mungkin?, ASN (Khususnya eselon 1, 2 dan 3) sebagai “mesin utama birokrasi” Pemerintah, dapat segera mewujudkan Visi dan Misi Presiden, bila langkah-langkah dan kinerja mereka “Tidak Senafas” dengan pucuk pimpinan pemerintahnya (Presiden)," jelas Budi Mulyawan.

Reformasi Biirokrasi harus segera dilakukan, agar Percepatan penanganan pandemi Covid-19 dapat dituntaskan dan segala kebijakan atau regulasi serta seluruh program pemerintah dapat diimplementasikan dengan baik dan benar, "Sehingga Visi dan Misi Presiden Jokowi yang telah dicanangkan, dapat segera dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga bangsa," pungkasnya.

Penulis: Yohanes Marto

Baca Juga