DPR Naik Kelas, Bamsoet: Masih Banyak Tantangan

Bambang saat di temui di Resto Penang Bistro Senayan, Jl. Pakubuwono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018). Foto: Rahmi/Akuratnews.com

Jakarta, Akuratnews.com - Dewasa ini, topik terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kerap jadi pembicaraan publik. Isu politik ini seakan membuat publik lupa dan tidak memperhatikan bagaimana kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai lembaga negara.

Menuju 2019, negara masih harus berjalan sebagaimana mestinya dan aspirasi rakyat pun masih harus dijamin lembaga negara supaya terpenuhi. Sehingga penting bagi publik untuk tetap mengetahui dan mengawasi perkembangan
kinerja mereka.

Untuk mengetahui kinerja DPR ini, Asumsi sebagai media online yang fokus pada berita politik bekerjasama dengan Charta Politika, menyelenggarakan survei nasional di 8 kota besar Indonesia dengan 800 partisipan.

Hasil survei menunjukkan, sebanyak 34.8 persen responden menganggap bahwa DPR memiliki kinerja paling baik dibanding lembaga negara lain, seperti MPR dan DPD. Bahkan sebanyak 44.8 persen responden menilai kalau para anggota DPR telah bekerja secara optimal dalam mengawasi pemerintahan sekarang.

Menanggapi survei tersebut, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, ia merasa terkejut dengan hasil survei terkait kinerja lembaga yang ia pimpin.

"Jadi saya agak surprise. Katakanlah hasil survei charta politik, DPR tampak bisa naik kelas ya," ujar Bambang saat di temui di Resto Penang Bistro Senayan, Jl. Pakubuwono, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018).

Bambang yang biasa di panggil Bamsoet ini menjelaskan, masih banyak tantangan yang harus diselesaikan dalam memasuki tahun politik saat ini. Apalagi waktu kerja DPR yang sangat terganggu dengan berbagai agenda politik seperti bagaimana memenangkan Capres masing-masing, dan bagaimana memenangkan diri sendiri yang ingin menjadi anggota DPR kembali.

"Yang bisa kami lakukan adalah melakulan komitmen dengan para pimpinan fraksi sebagai perpanjangan tangan politik DPR, bagaimana membagi tugas-tugas anggotanya agar tetap mengisi ruang-ruang rapat dan tidak ada sidang yang kosong," terangnya.

Kata Bamsoet, DPR tetap harus mengawasi kinerja pemerintah dalam menyelesaikan Undang-undang (UU) dengan baik dan benar, mengawasi lembaga pelaksana UU, serta memastikan anggaran yang sudah disetujui DPR dilakukan tepat sasaran. (Rhm)

Penulis:

Baca Juga