DPRD Jatim Dorong Pemerintah Vaksin Masyarakat Umum

Ilustrasi vaksin Covid-19 ((SHUTTERSTOCK/solarseven) )

Surabaya, Akuratnews.com - DPRD Jawa Timur mendorong agar pemerintah melakukan vaksinasi bagi masyarakat umum. Dengan begitu, diharapkan kekebalan tubuh masyarakat bisa meningkat untuk menekan penyebaran covid-19..

Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Zainal Abidin, usai vaksinasi tahap kedua di DPRD Jatim, Jumat 26 Maret 2021 petang mengatakan, pemerintah tentunya mempunyai prioritas dalam vaksinasi. Untuk itu, tenaga kesehatan (nakes), pejabat pemerintah dan pihak yang berkaitan dengan pelayanan publik menjadi prioritas.

"Pasti ada prioritas pemerintah itu," ujar Zainal .

Politisi asal Partai Demokrat itu menyebut bahwa tahapan-tahapan vaksin telah diatur, termasuk pihak yang akan disuntik. Mengingat pemerintah mempunyai data pihak yang akan vaksinasi.

Zainal optimis masyarakat akan divaksinasi setelah tenaga kesehatan, pejabat publik sudah disuntik semuanya. Namun mungkin dilakukan secara bertahap karena tergantung ketersediaan dosisnya.

"Sudah terprogram dan tergantung ketersediaan vaksin," tuturnya.

Sementara Ketua DPRD Jatim Kusnadi menyebut bahwa pimpinan dewan dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah mengajukan tambahan dosis ke pemerintah pusat untuk masyarakat Jatim. Legislatif ingin seluruh masyarakat Jatim dapat divaksin.

"Namun semua ini tergantung pemerintah pusat sebagai penyedia vaksin," ujarnya.

Selama ini Pemprov juga sudah proaktif dengan cepat melalukan distribusi vaksin yang didapat dari pemerintah pusat ke daerah. Mengingat jumlahnya masih belum sesuai kebutuhan masyarakat, maka belum semua masyarakat diluar Nakes, TNI Polri, maupun pekerja yang rawan tertular, bisa mendapatkan vaksinasi itu.

"Saat ini aja 2 juta vaksin lebih yang baru datang beberapa waktu lalu, sampai saat ini sudah 95 persen terpakai. Ini masih kurang untuk kebutuhan masyarakat Jatim secara keseluruan," pungkasnya.

Penulis:

Baca Juga