oleh

DPRD Sumut Gelar PAW Dalam Rapat Paripurna Istimewa

Medan, Akuratnews.com – Tiga anggota DPRD Sumut diganti karena tersandung kasus suap mantan Gubsu Gatot PujoNugroho yakni Arifin Nainggolan, Mustofawiyah, dan Tiaisah Ritonga. Ketiga anggota tersebut digantikan masing masing oleh Arfan Maksum Nasution, Zulkifli, dan Safaruddin Siregar. Karena itu, DPRD Sumut menggelar Paripurna Istimewa Peresmian dan Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Sumut Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2014-2019, terhadap tiga anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Demokrat tersebut di gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (15/10/2018).

Saat memimpin rapat, Ketua DPRDSU Wagirin Arman menyebutkan pengangkatan ini untuk menggantikan Saudara Arifin Nainggolan, Mustofawiyah Sitompul, dan Tiaisah Ritonga. Karena yang bersangkutan diberhentikan dari keanggotaan Partai Demokrat sesuai dengan Keputusan DPP Partai Demokrat Nomor 355/SA/DPP-PD/VII/2018 tanggal 14 Juli 2018.

Selain karena diberhentikan partai, PAW tiga anggota DPRDSU tersebut juga berdasarkan SK Mendagri Nomor 161.12-6174 Tahun 2018 dan Nomor 161.12-6176 Tahun 2018. Juga Nomor 161.12-6178 Tahun 2018 tanggal 20 September 2018. Tentang pengangkatan pengganti antar waktu anggota DPRD Sumut.

Setelah pengambilan sumpah/janji yang dipandu Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, tiga anggota DPRDSU tersebut selanjutnya duduk di kursi anggota dewan. Ketiganya juga ditempatkan di komisi sesuai anggota dewan yang mereka gantikan.

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi dalam pidato dibacakan Asisten Administrasi Umum Pemprov Sumut Zonny Waldi mengatakan, PAW bagi anggota dewan merupakan keadaan yang telah diatur dalam hukum dan perundang-undangan.
Pemrov Sumut memaknai PAW tersebut sebagai upaya meningkatkan kinerja DPRD yang menjadi partner Pemprov Sumut dalam pembangunan Sumut.

“Saya yakin dan percaya PAW ini menambah potensi khasanah pemikiran kita dalam setiap pembangunan Sumut ke depan,” ujar gubernur. (Hsp)

Komentar

News Feed