DPRK Kabupaten Bener Meriah Diminta Segera Bentuk Pansus Pengawasan Bansos COVID-19

Bener Meriah, Akuratnews.com - DPRK Kabupaten Bener Meria diminta segera membentuk pansus pengawasan penyaluran bansos Covid-19 dan BLT Dana Desa ( DD ) penanganan Corona Virus Disease 2019.

Hal itu disampaikan Chaidir, mantan Caleg Gerindra dapil IV Aceh Tengah dan Bener Meriah, saat mengunjungi sekretariat Biro media online Akuratnews.com, Selasa, ( 5/5/2020)

Chaidir menjelaskan bahwa pembentukan Pansus itu dimasudkan untuk menyikapi pro dan kontra terkait penyaluran bansos Covid-19 maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa (DD) penanganan dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

" Pembentukan pansus itu dalam rangka menyikapi pro-kontra penyaluran bantuan pemerintah, baik itu dana desa maupun dana-dana yang lainnya, ada baiknya DPRK Kabupaten Bener Meriah mengikuti jejak apa yang sudah di wacanakan DPRK kabupaten Aceh Utara untuk membentuk Pansus, " jelasnya

Putra kelahiran Toweren itu mengatakan mengungkapkan bahwa, " Ketua dewan perwakilan rakyat kabupaten Bener Meriah sudah saatnya mengkaji pembentukan Panitia Khusus ( Pansus ) covid 19, " ungkapnya.

Selain menyiapkan jaring pengaman sosial penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Presiden Joko Widodo melalui Kemendes PDTT padat karya tunai desa.

Program tersebut dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi bagi masyarakat lapisan bawah di pedesaan yang terdampak.

Presiden Jokowi meminta pelaksanaan program tersebut segera dilaksanakan agar bisa memberikan akses lapangan kerja bagi masyarakat.

"Inti dari SK tersebut Bupati diminta untuk melakukan penataan anggaran, dalam rangka upaya pencegahan atau percepatan penanganan covid 19 dengan memangkas dana-dana prioritas perjalanan dinas dalam daerah maupun luar daerah, pelatihan-pelatihan, bimbingan teknis dan tunjangan, " tambahnya.

" DPRK memiliki fungsi pengawasan untuk memberikan saran dan masukan tengah masyarakat, juga kepada Bupati sebagai ketua gugus tugas percepatan penanganan covid 19 maupun pengawasan gugus tugas yang ada di kecamatan maupun ditingkat desa, " ujarnya.

" Kita sangat berharap, para pimpinan DPRK secepatnya melakukan pembentukan Pansus, agar apa-apa yang menjadi harapan masyarakat dapat tersampaikan setelah pansus ini dibentuk nantinya, " tutup Chaidir.

Penulis: Chaidir
Editor:Yohanes Marto

Baca Juga