DQ Terpanggil Berpartisipasi Aktif Cegah Virus Corona

Foto: Direktur DQ, Agung Heri Setiawan (2 dari kiri) bersama relawan dan takmir, seusai penyemprotan di area masjid.
Foto: Direktur DQ, Agung Heri Setiawan (2 dari kiri) bersama relawan dan takmir, seusai penyemprotan di area masjid.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Banyaknya daerah di Indonesia terjangkit wabah virus Corona (Covid-19) beberapa pekan terakhir ini. Tak terkecuali, Jawa Timur. Tercatat, sebelumnya 15, kini bertambah menjadi 26 orang terkonfirmasi pasien positif Corona.

Melihat fenomena tersebut, Lembaga Sosial dan Kemanusiaan "Dompet Quran Indonesia (DQ)" merasa terpanggil untuk ikut berpartisipasi aktif dalam pencegahan Covid-19, agar tak berkembang lebih meluas.

Nah, guna meminimalisir sebaran Covid-19 itu, DQ menggelar program bertitel "1000aksibersamaDQlawancorona." Kegiatannya, diawali dengan menerjunkan Relawan Kemanusiaan DQ, dilengkapi APD (Alat Pelindung Diri), melakukan penyemprotan cairan desinfektan di area Masjid dan Pondok Pesantren Tahfiz Darul Fikri, berlokasi di Desa Anggaswangi, Sukodono, Sidoarjo selama dua hari, Sabtu - Minggu (21-22/3/2020).

Dalam kesempatan ini, Direktur DQ, Agung Heri Setiawan mengemukakan pada Akuratnews.com, Minggu (22/3/2020), tujuan kegiatan tersebut merupakan aksi nyata pihaknya sebagai respon atas kebijakan pemerintah berkaitan pemberlakuan darurat Corona.

“Kita ingin membantu masyarakat menjaga kebersihan diri dari kemungkinan dihinggapi virus ini. Mengingat, ukurannya teramat kecil dan tak mudah mengetahui keberadaannya. Sehingga, menjaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan setiap usai menyentuh berbagai fasilitas umum, maka penyebaran virus ini dapat diminimalisir. Tak lupa, membersihkan fasilitas umum dengan cairan desinfektan untuk membasmi virus yang nempel di berbagai tempat," ujar Agung.

Karenanya, lanjut Agung, pihaknya bakal mengirimkan relawan melakukan penyemprotan di rumah ibadah, sekolah dan fasilitas umum lainnya se-Jawa Timur.

"Mengingat, kemampuan pemerintah terbatas, tidak lah salah bila seluruh elemen masyarakat terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang sesuai dengan kemampuannya. Kegiatan ini dimulai dari 10 kabupaten yang berdiri cabang DQ. Diharapkan, sebelum akhir bulan ini seluruh kota/kabupaten se-Jawa Timur dapat menikmati kegiatan ini," ujar pria berkacamata ini.

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga