Dua Bobotoh Tewas Saat Persib Kandaskan Persebaya di Piala Presiden 2022

AKURATNEWS - Kemenangan Persib Bandung 3-1 atas Persebaya di laga Piala Presiden 2022, Jumat (17/6) harus dibayar mahal. Dua bobotoh atau fans Persib Bandung meninggal dunia saat ingin menyaksikan laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ini.

Kabar duka ini awalnya diungkapkan akun resmi pendukung Persib, Official Viking Persib Club, Sabtu (18/6) pagi.

"Bagi keluarga korban tetap kuat meski tidak ada resep khusus sesiap apapun menghadapi kehilangan, apalagi karena menonton sepak bola. Duka mendalam bagi korban dan keluarga yang ditinggalkan. Selamat jalan kawan, semoga Husnul Khotimah. Al Fatihah," tulis akun officialvpc.

Sebelumnya akun Twitter Bobotoh Cisitu @CisituBoys juga memberikan informasi ini. Disebutkan ada dua bobotoh yang dikabarkan meninggal dunia karena berdesak-desakan di depan gerbang U dan V Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

"Innalilahi kabarnya ada 2 bobotoh yang meninggal karena berdesak-desakan di luar depan di gerbang U dan V. Semoga Husnul Khatimah," cuit akun ini.

Polisi pun membenarkan kabar dua orang pendukung Persib yang meninggal dunia ini. Kedua bobotoh asal Kota Bandung dan Kota Bogor itu meninggal dunia usai berdesakan masuk ke dalam stadion.

"Betul, ada dua orang yang meninggal," ucap Kapolrestabes Bandung, Kombes Aswin Sipayung saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (18/6).

Aswin menuturkan, kedua orang yang meninggal itu diduga kehabisan oksigen saat berada di area tribun stadion. Oleh petugas setempat, keduanya sempat diberikan perawatan sebelum dirujuk ke rumah sakit.

Namun, nyawa keduanya akhirnya tak tertolong dan menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Sartika Asih.

"Kita langsung bawa jenazah keduanya pertama ke Bogor ke rumah duka untuk disampaikan langsung kepada pihak keluarga. Kami dari Polrestabes Bandung juga sampaikan langsung rasa duka kepada kedua keluarga," tutur Aswin.

Aswin memastikan pihaknya dalam kasus ini tengah mencari penyebab pasti insiden yang terjadi. Berdasarkan keterangan para saksi, lanjut dia, sejak sore hari kondisi stadion telah sesak dipenuhi para penonton.

Terpisah, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo menyebut, penonton yang tidak mempunyai tiket memaksakan masuk dan menjebol pintu masuk stadion.

"Saat bergerombol dan berdesakan tersebut, ada seseorang yang digotong beberapa penonton lain agar bisa keluar dari kerumunan, tapi dalam keadaan lemas. Setelah dilihat petugas kemudian diberikan pertolongan medis dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Sartika Asih. Namun, setelah di rumah sakit yang bersangkutan meninggal dunia," beber Kombes Ibrahim.

Lebih lanjut Ibrahim mengungkapkan, penonton di Stadion GBLA melebihi kuota tiket yang diterapkan panitia penyelenggara.

"Kapasitas stadion cuma 15 ribu, namun perkiraan yang datang sekitar 40-45 ribuan. Ada delapan pintu akses yang sudah tertutup di jebol pengunjung," ujarnya.

Ibrahim juga menyatakan prihatin atas insiden yang terjadi di laga Persib vs Persebaya tersebut.

"Kita menyampaikan prihatin terhadap insiden ini dan menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya korban," pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga