Dua Bulan Dana BOP PAUD Muna Belum Cair

BOP PAUD
BOP PAUD

AKURATNEWS - Sekira Dua bulan lamanya hingga akhir bulan September 2021 ini, Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk tahap kedua belum cair kerekening sekolah sekolah PAUD yang ada di Muna.

Syarat pencairan tahap dua yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) RI, Nomor 15 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 9 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOP itu, seperti penyampaian laporan realisasi penggunaan anggaran pada tahap satu, itu telah diserahkan oleh pihak sekolah sekolah PAUD di Muna ke Dikbud dalam hal ini Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikannya.

Tidak diketahui pasti apa penyebabnya hingga penyaluran dana BOP itu tak kunjung cair. Sementara batas waktu penyampaian data pokok pendidikan (Dapodik) sebagai dasar perhitungan BOP Tahap dua Tahun 2021 itu adalah tanggal 30 September 2021.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan PAUD dan Pendidikan Dikbud Muna, Samaul Bait, saat ditemui diruang kerjanya terkait hal itu ia menjelaskan bahwa masalah BOP PAUD itu belum cair karena di akibatkan masalah teknis pada Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), sehingga menjadi terhambat.

"Sistemnya itu saat ini berbeda, tidak seperti biasanya. Olehnya itu Selalu ada kesalahan pada pengimputan data," Katanya pada Akuratnews.com, (28/9/2021).

Dengan prosesnya melalui SIPD, kata Samaul, hal itu sedikit mempersulit pihaknya dalam pengimputan karena apliksainya agak ribet.

" Apliksainya ribet sehingga sedikit mempersulit kami. Namun Insya Allah hari ini kemungkinan besar sudah bisa di cairkan ke rekening sekolah sekolah PAUD. Dan itu kalau sudah ditanda tangani hari ini. Hari ini juga ditransferkan," tandasnya.***

Penulis: Zainal Arifin

Baca Juga