Dua Ribu Bibit Eucalyptus Deglupta Segera Jadi Paru-paru Kabupaten Bogor

Cibinong, Akuratnews.com - Sabtu (30/11) pagi, kawasan hutan kota di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mendadak ramai.

Ya... di area hijau ini digelar Program Kolaborasi Hijau (Green Collaboration) yang digagas Korindo Group melalui Yayasan Korindo bersama Pemerintah Kabupaten Bogor.

Dalam program ini, kedua belah pihak menjalin kerjasama pembangunan hutan kota di lahan seluas dua hektar, di bagian sisi timur Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Pembukaan pembangunan hutan kota ini ditandai penanaman bibit-bibit pohon yang langsung dilakukan oleh Bupati Bogor, Ade Yasin bersama Senior Vice President Korindo Group Robert Seung, General Secretary Yi Sun Hyeong, Deputy of South Korea Ambassador di Indonesia Jeon Joyoung dan pejabat-pejabat daerah Bogor lainnya.

"Walau pun hanya hutan kecil, kami harapkan dapat berfungsi sebagai paru-paru kota di Kabupaten Bogor. Ke depannya kami berharap dapat membangun hutan kota lainnya di kabupaten Bogor maupun di wilayah lainnya di Indonesia secara berkelanjutan,” ujar Robert Seung dalam sambutannya.

Seung yang juga Ketua Yayasan Korindo ini menjelaskan, program ini juga sebagai bentuk aplikasi dari gerakan yang dicanangkan Presiden Jokowi pada 2018, dimana 28 November menjadi Hari Menanam Pohon Indonesia dan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional yang dilanjutkan di 2009 lewat program ‘One Man One Tree’ (satu orang menanam satu pohon).

Dalam pembangunan hutan kota ini, tanaman Eucalyptus Deglupta dipilih menjadi tanaman tunggal sejenis yang ditanam.

Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki karakteristik cepat tumbuh dan perawatan yang relatif mudah, sehingga cocok untuk menjadi vegetasi hutan kota di Pakansari.

“Kurang lebih 2.000 bibit pohon yang kita tanam hari ini adalah demi Kabupaten Bogor dan juga demi kelangsungan masa depan bumi kita. Mari kita sukseskan bersama-sama!” ujar Robert Seung.

Dalam program kolaborasi hijau ini, pihak Yayasan Korindo nantinya tidak hanya sekadar menanam di tahap awal, namun juga akan terlibat langsung dalam proses pemantauan dan pemeliharaan hutan kota hingga beberapa tahun mendatang sebagai langkah awal dari beragam program penghijauan dan berwawasan lingkungan di wilayah Kabupaten Bogor.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga