Dua Warga Sulbar Positif Corona, Satu Orang Belum Diketahui Keberadaannya

Mamuju, Akuratnews.com - Berdasarkan data Kementrian Kesehatan (Kemenkes) pertanggal 5 April 2020, perkembangan kasus komulatif Covid-19, terdapat dua warga Sulawesi Barat (Sulbar) dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Namun hingga saat ini, tim gugus tugas Penanganan Covid-19 Sulbar, belum mengetahui keberadaan pasien kedua yangdinyatakan positif itu, entah dimana rimbanya.

Sebelumnya, hanya satu pasien positif Covid-19 asal Kabupaten Majene, yang diketahui oleh Pemerintah Provinsi Sulbar melalui tim gugus tugas.

Menurut juru bicara tim gugus tugas pencegahan Covid-19 Sulbar, Safaruddin Sunusi, terkait data yang dirilis Kemenkes Pusat bahwa ada dua warga Sulbar yang telah positif terjangkit Covid-19, hingga saat ini, pihaknya masih mencari terus melakukan pencarian.

"Yang kami tau hanya satu, tapi kami terus menelusuri status dan keberadaan pasien yang dimaksud itu," kata Safaruddin, Senin (6/4).

Safaruddin mengakui data yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, yang menyebutkan jika di Sulbar terdapat dua pasien positif Covid-19. Sementara yang ia ketahui hanya satu dana sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Regional Sulawesi Barat.

Dikatakan Safaruddin, kemungkinan besar yang dinyatakan positif itu benar warga Sulbar. Namun, sedang dirawat di Rumah Sakit luar daerah.

"Tapi sampai saat ini kami belum mendapatkan laporan dari RS manapun, kalau ada warga Sulbar yang telah positif yang kedua," terangnya.

Meski begitu, pihaknya akan berkoordinasi dengan RS Pelamonia Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk mencari tau keberadaan pasien kedua warga Sulbar yang dinyatakan positif itu.

"Kami akan coba menghubungi RS Pelamonia Makassar untuk mencari tau pasien itu," katanya.

Walaupun kata dia, RS Regional Sulbar tempat penanganan pasien Covid-19, belum pernah merujuk pasien yang berstatus PDP ke RS Pelamonia.

"Betul-betul kami tidak tau adanya pasien kedua itu, kami juga tidak pernah merujuk pasien. Tapi sementara kami telusuri ini," pungkasnya.

Penulis: Wahyuandi

Baca Juga