Dukung Kinerja Menparekraf, OK OCE Prasasti Siap Back Up

Jakarta, Akuratnews.com - Usai didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno berjanji mewujudkan visi dan misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat destinasi wisata unggulan Indonesia ke level internasional.

Walau masih berada di masa pandemi Covid-19 ini, Kemenparekraf harus punya cara mengangkat destinasi wisata unggulan Indonesia ke level internasional. Salah satu caranya dengan mengembangkan virtual tourism sebagai prioritas utama mempromosikan wisata Indonesia.

Program tersebut mengusung tiga gagasan utama, yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

“Bapak Presiden dan Bapak Wapres dalam arahannya minta bahwa dalam satu tahun ini harus ada quick win, harus ada perubahan yang mendasar,” ujar Sandi setelah serah terima jabatan Menparekraf di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (23/12).

Dalam waktu dekat, Sandi akan mendiskusikan bersama jajaran Kemenparekraf, kemungkinan pengembangan gerakan OK OCE dalam mendukung kinerja kementeriannya.

Sandi menjelaskan, berdasarkan laporan dari Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO), sebagian besar anggota binaannya bergerak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ia menyadari pandemi Covid-19 ini merupakan suatu tantangan yang besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga memerlukan upaya konkret mengembangkannya

“Namun kita harus optimistis bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasti akan segera pulih dan bangkit kembali, seiring teratasinya pandemi ini,” kata Sandi.

Sebab, menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor strategis penyumbang devisa serta pembuka lapangan kerja paling cepat, dan besar.

“Amat penting dalam upaya pemulihan ekonomi kita,” ujar Sandi.

Terpisah, Koordinator Nasional OK OCE Prasasti RH, Victor Aritonang menyambut baik kesediaan pendiri Gerakan OK OCE, Sandiaga Uno, menjadi Menparekraf dan sebagai bagian dari keluarga besar Perkumpulan Gerakan OK OCE, Victor siap mendukung kinerja Kemenparekraf.

“Kami yakin akan kemampuan Pak Menteri, namun demikian mengingat saat ini Indonesia masih dalam masa pandemi Covid-19, tentu menjadi tanggung jawab yang berat bagi Kemenparekraf khususnya, karena dampak pandemi Covid-19 banyak lokasi wisata, ataupun aktivitas kepariwisataan ditutup. Pak Menteri harus mampu membuktikan bahwa dirinya dapat menjalankan amanat dan arahan Presiden," ujar Victor yang juga Ketua KADIN Kota Jakarta Pusat ini.

Lebih lanjut ia menambahkan, Sandi harus membuat terobosan yang mampu menggerakan perekonomian bangsa, dalam hal ini melalui sektor kepariwisataan, misal melalui kegiatan virtual tourism, pengembangan ekonomi kreatif berbasis UMKM, dan membangun sinergi dengan pelaku usaha lainnya.

Victor pun mengapresiasi wacana Sandi yang akan memadukan gerakan OK OCE dalam mendukung kinerjanya di Kemenparekraf, dan untuk itu dirinya serta jajaran OK OCE Prasasti siap mendukung.

“Jadi sekarang kita tidak perlu lagi ngomongin tentang kontestasi pilpres, itu sudah selesai, sekarang kita harus bersatu padu membawa Indonesia keluar dari masa pandemi, dan membangun Indonesia lebih baik lagi ke depannya," pungkas Victor.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga